Minggu, 10 Juni 2018

MENGHORMATI ORANG TUA



Ayat Pokok:
"Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu kepadamu"
(Keluaran 20:12)

Pendahuluan
Setiap kita tentu mengininkan memiliki usia yang lanjut. Dalam ayat ini yang dimaksud usia lanjut, bukan sekedar usia secara fisik. Jadi bukan berarti orang yang mencapai usia lanjut, kita berpikir pasti orang itu sangat berbakti kepada orang tuanya.Dan ketika ada teman atau tetangga kita yang masti muda, kemudian kita berpikir, pasti ia durhaka kepada orang tuanya. Belum tentu seperti itu.
Usia lanjut yang dimaksud adalah ketika kita meninggal, maka generasi kedua, ketiga, keempat dan seterusnya masih mengingat kita.
Seringkali kita tanpa sadar kita mudah melupakan orang tua kita. Siapakah yang masih megingat nama kakek kita?

Khotbah tentang menghormati orang tua sangat jarang dikhotbahkan di ibadah umum. Kebanyakan di sampaikan di sekolah minggu atau ibadah remaja.

Beberapa  hal yang  perlu kita renungkan berkaitan dengan menghormati orang tua.
1. Menghormati orang tua adalah sebuah hukum.
Apa artinya hukum? hal yang berlaku umum dan diperlakukan sama. Hukum juga berbicara tentang kepastian. Hukum juga ada untuk mengatur keharmonisan hubungan antar manusia.Sebagai hukum, maka ketika kita melanggar, ada akibatnya.Sama seperti kita melanggar hukum yang ada di dunia ini. Sebaliknya ketika kita taat, kita akan mendapat berkat.

2. Kita harus menghormati orang tua, karena mereka adalah hadiah yang pertama dari Tuhan.
Ingatlah bahwa orang tua adalah orang pertama yang Tuhan  kirim untuk menolong kita dan menjadi sarana Tuhan untuk kita ada di dunia. Kalau kita tidak meghargai hadiah berharga dari Allah, kama kita sedang tidak menghargai si pemberi hadiah, yaitu Allah. Kalau kita sadar bahwa orang tua adalah hadiah terindah dari Tuhan, maka kita pasti akan menghargai mereka dengan sungguh-sungguh.

3. Ada berkat ketika kita menghormati orang tua.
Apa berkat yang disediakan Tuhan? Kehidupan yang berbahagia dan panjang umur.  Juga akan terjadi pemulihan dalam kehidupan kita.

Penutup
Menghomati orang tua adalah  yang indah dalam Tuhan. Mari kita minta kekuatan dari Tuhan untuk menjadi pelaku firman tentang menghormati orang tua ini. Orang tua bukan hanya berbicara orang tua secara jasmani. Ada ayah dan ibu mertua, ada gembala jemaat kita, ada bapak dan ibu guru dan ada orang-orang yang dituakan di sekitar kita.

LINK INFORMASI PENTING

0 komentar:

Posting Komentar