Rabu, 01 Januari 2020

TUHAN ADA BERSAMA KITA

Ayat Pokok:
"Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.
(Ulangan 31:8)


Pendahuluan
Selamat Tahun Baru 2020. Tuhan Yesus pasti memberkati.
Ayat-ayat bacaan kita secara konteks adalah nasehat dari Musa kepada Yosua yang memang sudah dipersiapkan untuk menggantikannya memimpin bangsa Israel memasuki negeri perjanjian. Pada waktu Musa menyampikan nasehat ini, bangsa Israel, belum masuk tanah Kanaan, walaupun memang sudah terlihat di depan mata mereka. Tetapi masi ada tantaga-tangan yang harus mereka hadapai. Kondisi ini tentu membuat bangsa Israel patah semangat dan kehilangan pengharapan. Itu sebabnya  Musa diperintahkan Tuhan untuk menyampaikan firman Tuhan yang berisi janji akan pembelaan serta penyertaan Tuhan bagi bangsa Israel, dan memerintakan bangsa Israel untuk tidak tawar hati.

Dalam perikop ini, bahkan sampai dua kali Tuhan berkata,"Kuatkan dan teguhkanlah hatimu" ( Baca Ulangan 31:6-7). Mengapa Tuhan sampai harus menegaskan hal ini dengan mengulang perkataan ini sampai dua kali? Karena Tuhan tahu bahwa banyak orang Isarel, bahkan bisa jadi Yosua sendiri, sempat dihinggapi kebimbangan, apalagi melihat keadaan yang penuh dengan tantangan. Itu sebanya Tuhan perlu memberikan kekuatan dan meyakinkan mereka bahwa Tuhan ada beserta dengan mereka, Tuhan tidak pernah meninggalkan mereka.  Itu sebabnya tidak ada alasan aapapun untuk mereka memelihara ketakutan.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa keadaan yang ada bisa membuat kita kecut dan tawar hati. Permasalah yang menimpa kita, bisa membuat kita putus asa. Tantangan yang ada dihadapan kita, bisa membuat kita kehilangan iman. Hal ini juga yang dialami oleh bangsa Israel pada waktu itu.

Dalam keadaan seperti ini, satu-satunya yang bisa kita perbuat adalah kita mengingat janji Tuhan. Tuhan yang sudah berjanji kepada bangsa Israel, adalah juga Tuhan yang kita sembah sampai saat ini. Dia adalah Tuhan yang kasih dan kuasa-Nya tidak pernah berubah dahulu, sekarang bahkan sampai selama-lamanya. Tuhan berjanji bahwa Ia akan menyertai kita sampai kesudahan jaman.
Dia adalah Tuha yang akan berjalan di depan kita dan menyertai kita. Itu sebabnya kita tidak perlu takut dan patah semangat.
Firman Tuhan berkata,"Bahwasanya Aku, Tuhan tidak berubah... ! (Maleakhi 3:6)
Karena Allah tidak berubah, maka kita dapat menjadikannya sebagai tempat perlindungan, "Allah yang abadi adalah tempat perlindunganmu, dan di bawahmu ada lengan-lengan yang kekal. Ia mengusir musuh dari depanmu dan berfirman:Punahkanlah ! (Ulangan 33:27)

Ada hal yang harus selalu kita pahami adalah bahwa Tuhan selalu ada didepan kita. Ini adalah kebenaran yang indah dan menguatkan kita. Coba kita rerungkan. kalau Tuhan yang ada depan kita, ketika ada musuh yang datang menyerang. Maka yang akan menghadapi serangan  terlebih dahulu adalah Tuhan yang ada didepan kita. Dan karena Tuhan kita adalah Mahakuasa, Maha Perkasa, maka pasti tidak ada sautupun kuasa yang sanggup menghadapinya bukan?

Masalahnya sekaranng, Sudahkan kita menjadikan Tuhan sebagai yang terdepan dalam hidup kita? Ataukah tanpa kita sadari, kita justru menempatkan Tuhan dibelakang dan kita mencoba mengambil alih posisi Tuhan dengan maju di depan, sehingga Tuhan kita kesampingkan? Kalau ini yang terjadi, tidak heran kalau kemudian kita kalah oleh banyak masalah. Oleh sebab itu, mari kita jadikan Tuhan sebagai pribadi yang layak kita utamakan. Kita menempatkan Tuhan didepan, lebih dari persoalan-persoalan apapun yang ada di dunia ini. 

Yang kedua yang kita harus ingat adalah bahw Tuhan menyertai kita. Namun ada sisi lain yang harus kita perhatikan ketika kita berbicara mengenai penyertaan Tuhan. Penyertaan Tuhan, tidak berarti kita bebas dari permasalahan. Penyertaan Tuhan, Tidak membuat segalanya menjadi mudah, tetapi indah, dan peneyrtaan Tuhan, akan membuat kita mampu menghadapi segala persoalan kehidupan.

Penutup
Sampai saat ini kuasa Allah masih tersedia bagi kita. Masihkan kita meragukan-Nya?

BUKU 29 BAHAN KHOTBAH IBADAH NATAL KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar