Jumat, 14 Juli 2023

ANAK ADALAH KEPUNYAAN TUHAN

 Ayat Pokok:
"Sesungguhnya anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan ialah suatu upah."
(Mazmur 127:3)

Pendahuluan
Salah satu anugerah terindah dalam setiap keluarga adalah dikaruniakan anak-anak Ilahi. Tuhan ingin kita senantisa menyadari bahwa anak-anak adalah kepunyaan Tuhan. Seringkali kalau kita renungkan, penyebab utama sampai ada persoalan serius antara orang tua dan anak-anak orang tua tidak menyadari bahwa anak-anak adalah milik Tuhan. 

Ketika menyadari bahwa anak-anak adalah milik Tuhan.
Ketika orang tua menyadari bahwa anak-anak adalah milik Tuhan maka:

1. Orang tua akan mengarahkan anak-anaknya ke jalan Tuhan
Orang tua mangerahkan anak-anaknya bukan kepada apa yang papa dan mama inginkan,  namun kepada kehendak Tuhan. Ini penting, karena apa yang orang tua inginkan  belum tentu baik untuk mereka. Ketika anak-anak kita berjalan di jalan Tuhan, maka mereka akan menjadi anak-anak yang militan dalam Kristus.
2. Orang tua pasti akan sabar dan berpengertian terhadap anak-anaknya.
Jangan memaksakan anak-anak  mengeri kita, karena anak-anak cenderung tidak mengerti yang lebih tua, justru yang lebih tua, yang lebih dewasa lah yang harus sabar dan mengerti yang lebih muda, yaitu anak-anak kita, supaya mereka tidak salah langkah.  Kesabaran dan pengertian orang tua kepada anak-anaknya akan mengarahkan anak-anaknya kepada jalan Tuhan.
3. Orang tua tidak boleh menggunakan kekerasan dan kekasaran.
Hati anak-anak bisa terluka dan menyimpan dendam, jika orang tuanya terlalu keras dan kasar. Ingat ! orang tua sekali kelak akan menjadi tua.dan anak-anak  akan menjadi dewasa. Artinya akan tiba suatu masa dimana kita akan menjadi lemah dan tidak berdaya,sehingga membutuhkan orang lain untuk menolong kita. Karena itu, jangan biasakan mendidik anak dengan kekerasan dan kekasaran. Apa yang kita tabur, itu juga yang akan kita tuai.
4. Orang tua anak sadar bahwa anak-anak akan membawa Gen dan DNA nya.
Artinya sebagian besar karakter mereka itu mengalir dari karakter kita. Jangan biasakan suka mengamuk  dan berkata-kata negatif kepada anak-anak kita seperti : kamu kasar, kamu malas. Karena semuanya itu justru mengalir dari karakter kita sebagai orang tuanya.

Penutup
Anugerah Tuhanlah yang telah memberikan anak kepada setiap orang tua.Tanamkan pengertian tentang maksud Tuhan, dan jadilah teladan yang baik bagi anak-anak, maka mereka kelak melihat teladan itu dan kemudian melakukannya dalam kehidupan mereka.

LINK INFORMASI PENTING
Buku 29 BAHAN KHOTBAH UCAPAN SYUKUR
Buku 29 BAHAN KHOTBAH KEDUKAAN DAN PENGHIBURAN
Buku 29 BAHAN KHOTBAH IBADAH WANITA
Buku 29 BAHAN KHOTBAH PENTAKOSTA
Buku 29 BAHAN KHOTBAH IBADAH PASKAH
FLASHDISK KUMPULAN KHOTBAH PPT KRISTEN

0 komentar:

Posting Komentar