Jumat, 18 Agustus 2023

BERKARYA BAGI BANGSA

 Ayat Pokok:
"Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.”
(Roma 13:1)

Pendahuluan
Bulan Agustus adalah bulan yang sangat bersejarah bagi kita warga negara Indonesia. Oleh berkat dan rahmat Tuhan, bulan Agustus tahun 2023 ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia genap berusia 78 tahu. Kalau usia manusia, 78 tahun adalah usia yang tidak lagi muda.

Bangsa yang sudah lama merdeka ini membutuhkan uluran tangan dan karya nyata dari orang-orang percaya bagi kemajuannya. 
Meskipun tidak menampik kenyataan bahwa kaum minoritas sering terpinggirkan, namun Firman Tuhan jelas menyatakan panggilan untuk berkarya bagi bangsa.

Wujud karya bagi bangsa
Apa wujud karya bagi bangsa yang bisa kita lakukan?
1. Menghormai pemerintah
Roma 13:1-2
, "Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. 2Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya."

Kendati pemerintah belum sepenuhnya melaksanakan kesejahteraan dan keadilan sosial, namun Firman Tuhan memerintahkan agar orang percaya tunduk kepadanya. Barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan dapat berakibat pada datangnya penghukuman. 

Ketika kita menghormati pemerintah, maka kita sedang menghormati Allah yang memerintahkan demikian. 

2. Berbuat baik, bukan jahat
Roma 13:3-4, "Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya. Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat."

Karya nyata kita bagi bangsa juga dapat diwujudkan adalah dengan menunjukkan perbuatan baik. Ada beragam perbuatan baik yang bisa dilakukan gereja-Nya di tengah-tengah bangsa ini untuk menjadi teladan bagi banyak orang. 

Jika kita berbuat baik, tidak ada alasan untuk hidup di tengah-tengah bangsa ini dengan ketakutan. 

3. Membayar pajak
Roma 13:6-7, "Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurus hal itu adalah pelayan-pelayan Allah. Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak” 

Karya nyata lainnya yang diperintahkan Firman Allah dalam bagian ini adalah untuk taat membayar pajak kepada pemerintah.
Membayar pajak adalah bentuk dari ketaatan terhadap pemerintah dan wujud berkarya bagi bangsa.

Penutup
Mari kita isi kemerdekaan dengan berkarya bagi bangsa. 
Berkarya bagi bangsa, tidak harus dengan menjadi pegawai pemerintah, menjadi anggota TNI atau POLRI.  Berkarya bagi bangasa bisa dilakukan oleh setiap kita warga negara dengan jalan menghormati pemerintah, berbuat kebaikan dengan tak kenal lelah dan membayar pajak dengan jujur dan tepat waktu.

TUAHAN YESUS MEMBERKATI !

SEKILAS INFO
Bagi Bapak/Ibu/Sdr/i yang ingin mendapatkan materi ini dalam format PPT dan Word, silakan menghubungi  
Sekteratiat YAYASAN BINA SEJAHTERA  HP/SMS/WA.0852-2808-5470

LINK INFORMASI PENTING
Buku 29 Bahan Khotbah Pilihan Jilid 1
Buku 29 Bahan Khotbah Pilihan Jilid 2


0 komentar:

Posting Komentar