Selasa, 02 Juli 2024

HIDUP SEBAGAI ALAT KEBENARAN-NYA

 Ayat Pokok:
"Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran."
(Roma 6:13)

Pendahuluan
Paulus memberikan nasihat kepada jemaat di Roma untuk menghargai kasih karunia Allah dengan tidak lagi hidup dalam dosa, tetapi sebaliknya untuk menyerahkan hidup sebagai alat kebenaran-Nya.

Hal ini memang tidaklah mudah. Ada banyak tantangan untuk kita hidup seturut dengan firman Tuhan, tetapi percayalah Roh Kudus akan memberikan kekuatan dan kemampuan.

Mengapa kita harus hidup sebagai alat kebenaran-Nya?

1. Kita satu dengan Kristus

Roma 6:5, "Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya."

Kita harus senantiasa ingat bahwa setelah kita percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, maka Kristus menyatu dengan kita dan kita menyatu dengan Kristus.
Oleh karena itu kita harus senantiasa memancarkan Kristus melalui sikap hidup kita.
Mari kita terus berusaha agar melalui kehidupan kita, nama Kristus dipermuliakan senantiasa.

2. Hidup bagi Allah

Roma 6:11, “Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.”

Hidup lama : hidup dalam dosa dan kelaliman.
Hidup baru : hidup dalam kebenaran dan anugerah Allah.
Setelah kita percaya kepada Kristus, kita adalah ciptaan yang baru.

3. Karena kasih karunia Allah

Roma 6:14, “Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.”

Keselamatan kita adalah karena kasih karunia Allah. 
Oleh karena itu, kita harus menghargai kasih karunia Allah dengan hidup dalam kekudusan.
Setelah percaya dan menerima kasih karunia keselamatan, orang itu harus memandang hidup lamanya di dalam dosa sebagai sudah mati (seperti Yesus Kristus sudah mati untuk menanggung hukuman dosa kita). Kelak, kita akan mengalami kebangkitan (seperti Yesus Kristus yang sudah bangkit). 

Penutup
Jadikanlah diri kita sebagai alat yang menyatakan kebenaran dan kehidupan kita akan dipakai oleh Tuhan untuk membungkam kelaliman dosa.

Mari kita pakai hidup kita untuk menjadi alat kebenaran-Nya. Mari kita pakai tangan kita untuk membantu sesama. Mari kita pakai mulut kita untuk membangun iman dan semangat sesama.

DAPATKAN MATERI KHOTBAH INI
Silakan KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar