Minggu, 07 Desember 2014

WANITA PILIHAN TUHAN



Ayat Pokok:
Lukas 1:38
Kata Maria " sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku  menurut perkataanmu itu.  Lalu malaikat itu meninggalkan dia"

 Pendahuluan
     Jauh sebelum tokoh-tokoh wanita  memperjuangkan gerakan persamaan hak antara pria dan wanita, yang disebut dengan gerakan emansipasi wanita, Allah sudah memakai para wanita untuk menjalankan rencana-Nya. Banyak tokoh-tokoh wanita yang dipakai Tuhan secara luar biasa sebagai pemimpin-pemimpi seperti ratu, nabiah bahkan pedagang-pedagang yang hebat.

     Berkat gerakan emanspasi wanita, saat ini wanita tidak hanya disebut sebagai " konco wingking" ( teman yang hanya boleh ada dibelakang pria), tetapi kita juga dapat melihat saat ini para wanita yang menduduki posisi penting. Misalnya, guru, dokter, pendeta, bupati/walikota, gubernur, bahkan menteri dan kepala negara.

     Untuk menjadi seorang pemimpin, saat ini mungkin bukan perkara yang susah. Tapi bagaimana menjadi wanita yang dipilih oleh Allah?. Tentu semua wanita mengidam-idamkan bagaimana menjadi wakita yang berkenan kepada Tuhan.  Mari kita akan mempelajari bagaimana kita dapat menjadi wanita pilihan Tuhan. Dari sekian banyak tokoh-tokoh yang ada dalam kitab suci, kali ini mari kita akan pelajari bersama seorang tokoh wanita, yang namanya terkenal luar biasa, yang seringkali dibaca dan dikhotbahkan terutama dalam ibadah-ibadah natal. Wanita ini adalah Maria, Ibu Tuhan Yesus.

Bagaimana menjadi wanita pilihan Tuhan?
     Tentu Maria bukanlah satu-satunya perempuan yang ada di dunia pada waktu itu. Ada jutaan wanita lainnya. Maria juga bukan satu-satunya wanita yang ada di Israel pada jamannya. Mengapa Tuhan memilih dia dari antara ratusan, bahkan jutaan wanita lainnya?  Apa karena pendidikan? Tentu bukan itu, karena ia tidak memilikinya. karena kekayaan? tentu juga bukan karena hal ini, karena ia adalah wanita miskin. Juga bukan karena kedewasaannya, karena pada waku itu, ia baru berumur belasan tahun. Yang membuat ia "luar biasa" dan kemudian dipilih Tuhan untuk menyatakan perkara yang " luar biasa" adalah karena ia" biasa-biasa saja". Jadi ternyata, Allah mencari dan memakai orang-orang yang " biasa-biasa saja" dan memakai dia dengan cara yang " luar biasa"

     Maria adalah wanita biasa, yang juga memilki " ketakutan " dan " keraguan sama seperti para wanita pada umunya. Ketika  malaikat Gabriel pertama kali menampakkan diri kepada Maria, untuk memberitakan kehamilananya, ia sangat terkejut, bingung, bahkan bisa jadi takut setengah mati. Ia sempat merasa takut dan dihantui kritikan orang ketika nanti banyak orang mengetahui kehamilannya. Maria bahkan berkata " bagaimana hal itu mungkin terjadi, sedang aku belum bersuami?" . Maria mempunyai banyak  ketakutan dan pertimbangan. Tetapi  Maria memilih untuk tidak takluk kepada semua ketakutan dan kekuatiran yang menghantui pikirannya. Maria memilih untuk tetap percaya dan beriman kepada Allah. Iman bukan berarti tidak ada ketakutan. Tetapi iman adalah  memilih untuk tetap percaya kepada Tuhan daripada takluk kepada ketakutan.

     Ada tiga hal yang luar biasa yang ada dalam diri Maria, sehinga Ia dipilih oleh Tuhan. Tiga rahasia ini perlu diperlajari oleh setiap perempuan yang mengidam-idamkan untuk menjadi wanita pilihan Tuhan. Jika Anda memiliki tiga hal ini, maka Anda akan melihat, bahwa Tuhan akan memilih  dan memakai Anda lebih dari yang Anda duga.

     Bagaimana agar kita dipilih Tuhan?
1. Memiliki kerinduan untuk  melakukan  kehendak Tuhan.
        Kalau kita ingin dipilih dan dipakai Tuhan lebih lagi, kita harus memiliki kerinduan untuk untuk melakukan kehendak-Nya, lebih dari hal-hal lainnya. Tuhan punya rencana spesial buat kita, tetapi hal itu tidak terjadi  secara otomatis. Kita harus memilih untuk berkerja sama dengan tujuanTuhan dalam kehidupan kita.  Kita bisa memilih untuk melakukan hal ini atau tidak. Kalau tidak, kita akan kehilangan semua ini. Ada dua hal yang  membuktikan bahwa Maria adalah wanita yang memiliki hal ini, sehingga  kemudian ia dipilih Tuhan.

          a.      Antusias
                    Lukas 1:46-47 "  Lalu kata Maria : " JIwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, juru selamatku".
                    Maria tidak hanya tersenyum kecil, Ia bernyanyi dan memuji  Tuhan. Dia  Antusias. Tidaka da hal yang besar terjadi, tanpa  antusias kita miliki. Allah ingin kita antusis dalam untuk  berpartisipasi  mewujudkan rencana-Nya. Artinya, kita memiliki semangat dan gairah dengan melakukan apa yang  memang menjadi bagian kita, supaya apa yang Tuhan inginkan bisa terlaksana.

          b.     Rendah hati
                    Dalam Lukas 1:48, Maria berkata " Sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya". Maria menyadari betul hal ini. Maria bahkan berkata dalam Lukas 1:38  " sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku  menurut perkataanmu itu....". Hal ini membuktikan bahwa Ia  adalah seorang yang rendah hati. Tuhan bekerja dalam kehidupan kita dan memberkati kita karena Dia
menginginkannya, bukan karena kita layak untuk  menerimanya. Kita menunjukkan pada Tuhan bahwa kita ingin  melakukan kehendak-Nya waktu kita rendah hati.

2. Berani membayar HARGA-nya

Lukas 1:38, Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan...
Maria siap melakukan apapun juga - berapa pun juga harga yang yang harus dia bayar. Tuhan mengetahui hal itu. Itulah salah satu alasan mengapa dia bisa dipakai Tuhan dengan luar biasa. Bagi Maria, menjadi ibu dari Juruselamat membahayakan reputasi, kenyamanan dan bahkan mungkin hidup Maria. Kehamilannya, yang terlihat di luar pernikahan, dapat menyebabkan hukuman mati atas tuduhan imoralitas seksual. Tetapi, di dalam pikiran Maria, tidak ada harga yang terlalu mahal untuk melakukan kehendak Allah!

3. Percaya pada janji-Nya

Salah satu alasan Tuhan tidak  mengerjakan mukjizat dalam kehidupan seseorang adalah karena mungkin mereka tidak mengharapkan Tuhan melakukan itu. Mereka mau "bermain aman" dalam hal rohani. Tuhan memakai orang-orang yang berani percaya pada janji-Nya. Maria punya semua alasan untuk kuatir. Dia harus memikul tanggung jawab besar.
Tetapi bukannya kuatir, Maria menyembah. Bahkan dia menyanyikan sebuah lagu penyembahan bagi Tuhan dalam Lukas 1. Mengapa? Karena dia berani untuk mempercayai janji Tuhan.
Lukas 1:38,  Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu."

Penutup
Jika Tuhan bisa memakai seorang gadis remaja, gadis desa sederhana, tanpa pendidikan untuk bisa menjadi ibu Yesus Kristus, apa Anda pikir Tuhan tidak bisa memakai Anda? Banyak di antara Anda memiliki potensi rohani yang luar biasa, tetapi Anda tidak menyadarinya. Tuhan telah memberi Anda karunia rohani, semangat, kemampuan, kepribadian dan pengalaman. Tuhan tidak maksudkan semuanya itu digunakan hanya untuk diri Anda sendiri. Suatu hari Anda harus berdiri di hadapan tahta Tuhan dan Dia akan berkata,
"Apa yang telah kau lakukan dengan segala yang telah Kuberikan padamu?"
Apa jawaban Anda nanti? Di tahun baru ini, saya mau bertanya secara pribadi. Apa yang akan Anda berikan pada Yesus di tahun baru ini? Apa yang akan Anda beri? Biarlah kita boleh menyerahkan diri kita untuk dipakai Allah secara luar biasa.
  
Percayalah, Tuhan akan memilih Anda dan memakai untuk kemulyaan-Nya. Hanya saja, pilihan ada dipihak kita. Sudahkah kita memiliki kerinduan untuk melakukan kehendak Tuhan? Berani membayar harga dan percaya kepada janji-Nya?

Bahan khotbah lainnya, silakan kunjungi http://pesona-sabda.blogspot.com

ANDA MEMBUTUHKAN BAHAN KHOTBAH POWERPOINT UNTUK IBADAH WANITA? SILAKAN KLIK DISINI

LINK INFORMASI PENTING

3 komentar:

  1. dari yang biasa menjadi luar biasa.semua karena anugrah Tuhan..Amin.....

    BalasHapus
  2. Tuhan,pakai para wanita Tuhan dgn luar biasa tanpa bimbang tp tetap percaya.

    BalasHapus
  3. terimakasih uraian fir-Tunya.. sangat memberkati. mohon ijin untuk syer yach... Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus