Rabu, 29 Juni 2016

BERHALA

 Ayat Pokok:
" Karena itu saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah penyembahan berhala"
( 1 Korintus  10:14)

Pendahuluan
Berhala adalah obyek yang berbentuk makhluk hidup atau benda yang didewakan, disembah dan dipuja
dan dibuat oleh tangan manusia.

Kata berhala dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sebagai kata benda memiliki arti patung dewa atau segala sesuatu yang didewakan. Kata berhala kemudian meluas menjadi makhluk atau benda ( matahari, bulan, malaikat, hewan) apa saja yang disembah selain perintah Allah adalah termasuk dalam kategori berhala. Dengan kata lain, berhala adalah segala sesuatu, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat yang dianggap lebih dari Tuhan.

Memberhalakan artinya: rasa suka seseorang terhadap sesuatu melebihi rasa sukanya kepada Tuhan. Misalnya lebih takut kepada seseorang atau benda, dibanding rasa takut kepada Allah, atau lebih mencintai seseorang atau benda, dibanding cintanya kepada Allah

Peringatan dari Rasul Yohanes.
1Yoh 5:21
" Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala"  

Apa arti berhala?
Bhs. Inggris " idol" ( idola?
Artinya:patung ukiran, dewa atau dewi keluarga,momok, hantu, setan,khayalan, maya, kemiripan, keserupaan, persamaan, tokoh(figur), yang bersifat mewakili Allah. sejenis penjelmaan.

Bhs. Yunani
Artinya: image, ikon, untuk disembah.

Macam-macam bentuk berhala.
Benda : emas, perak, kayu, batu, dll ( Yes 44:9-17,Wahyu 9:20, band Ul 4:19)
Kehidupan : manusia, binatang, dst. ( Ul 4:16-18, Rom 1:23-25)
Sifat manusia:kedegilan hati ( 1 Sam 15:23)
                       ketamakan atau keserakahan ( Efe 5:5, Kol 3:5, bnd Mar 7:20-23, 1 Kor 5:11, 6:10, dll

Berhala Akhir Jaman.
Di akhir jaman ini, fakta menyatakan bahwa setiap negara, suku dan bangsa penyembahan berhala, (seperti disebutkan di atas), semakin meningkat saja. Kehidupan orang Kristen yang tidak sungguh-sungguh mengikut Tuhan, akan mudah terjebak dalam hal-hal diatas. Dan jelas,imannya kepada Tuhan Yesus Kristus, Allah Sang Pencipta, pasti menjadi lemah serta mudah menyerah serta mengalah kepada tawaran dunia, materi, yang dikuasai setan.

Wahyu 21:8
"Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka didalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua.".

Wahyu 22:15
"Tetapi anjng-anjing dan tukang-tukang sihir, orang-orang sundal, orang-orang pembunuh, penyembah-penyembah berhala dan setiap orang yang mencintai dusta dan yang melakukannya, tinggal di luar."

Antisipasi dari pemyebahan berhala.
1. Hargai Korban Kristus (1 Kor 10:1-22)
Mengingat dan menghargai korban Kristus yang telah mengampuni, menyelamatkan dan menyucikan hidup kita. 
Penyembahan berhala (fisik atau sikap hati), itu membuat iman kita menjad lemah, mudah menyerah terhadap godaan, Sebaliknya dengan menghargai korban Kristus, akan membuat iman kita kuat.

2. Waspada terhadap segala berhala, dengan mengenal Pribadi Tuhan Yesus Kristus secara benar. ( 1 Yohanes 5: 18-21).
Kehidupan kita tidak boleh ada sangkut-pautnya (lagi) dengan berhala, sebab tubuh hidup kita adalah Bait Allah, rumah Allah, Tabernakel Allah, dimana Roh Kudus diam didalamnya.
2 Kor 6: 16-18

Penutup
Bagaimana dengan kehidupan kita? Mari kita terus tingkatkan kewaspadaan supaya kita kuat, dan tidak terjerat oleh tipu daya setan, melalui penyebahan berhala.

LINK PENTING
  • RINGKASAN KHOTBAH BERKAT ATAS ORANG YANG TAKUT AKAN TUHAN KLIK DISINI
  • FLASHDISK PAKET PANDUAN PELAYANAN KLIK DISINI
  • REKAMAN KHOTBAH MP3 KRISTEN KLIK DISINI
  • 310 REKAMAN KHOTBAH KRISTIANI  KLIK DISINI


                      
 

 

0 komentar:

Posting Komentar