Selasa, 20 Januari 2015

BERTAHAN DI TENGAH KESUKARAN

Ayat Pokok:
" Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir, akan datang masa yang sukar"
( 2 Timotius 3:1)

Pendahuluan
Dalam ayat bacaan kita, dicatat mengenai peringatan Rasul Paulus kepada Timotius, yang mengingatkan bahwa pada hari-hari terakhir menjelang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali (Parousia), dunia akan mengalami masa-masa yang sukar. Kalau kita perhatikan kehidupan kita, bukankah apa yang disampaikan oleh Rasul Paulus ini benar-benar sudah kita alami? dunia dimana kita hidup saat ini, dipenuhi dengan berbagai-bagai kesukaran. Orang mulai merasakan beratnya kehidupan. Persaingan kerja yang semakin ketat, beban ekonomi yang semakin berat, serta pola hidup manusia yang semakin jahat. Keberadaan kita, tak ubahnya seperti seorang prajurit yang sedang berjuang dimedan perang. Dengan demikian, kita tidak boleh lagi bersikap santai-santai, berleha-leha, apalagi berfoya-foya terbuai arus dunia. Kalau kita lengah dan tidak waspada, maka kita aka kalah dalam perjuangan kehidupan. Maka dari itu hendaklah kita senantiasa ingat nasehat firman Tuhan yang berkata."...hendaklah kamu kuat didalam Tuhan, didalam kekuatan kuasa-Nya".( Efesus 6:10)

Situasi-situasi sukar yang sedang terjadi tentunya membuat banyak orang menjadi lemah, takut, kuatir dan putus asa. Namun demikian sebagai anak-anak Tuhan yang  mempunyai sandaran firman Tuhan, tentunya kita memiliki kehidupan yang berbeda  dari orang-orang dunia, karena melalui firman-Nya, Tuhan telah memberikan kepada kita kiat-kiat dalam menghadapi masa-masa sukar ini.

Hal yang harus kita lakukan agar dapat bertahan ditengah kesukaran yang terjadi adalah

a. Kita harus berdoa. Doa merupakan salah satu kebenaran penting yang dilakukan dan diajarkan Tuhan Yesus kepada semua orang percaya. Tanpa doa kita akan mengalami kematian rohani karena doa adalah nafas hidup kita, juga sebagai sarana mendekat kepada Tuhan dan berbicara kepada Dia. Tuhan Yesus memberikan nasehat kepada kita untuk tidak jemu-jemu berdoa. Dalam segala keadaan, kita harus tetap berdoa ( baca 1 Tesalonika 5:17. Mengapa demikian? Sebab " Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya."(Yakobus 5:16-b) Didalam doa ada kuasa yang aka menguabahkan ketakutan menjadi kekuatan. Ketika Yosafat merasa ketakutan ketika bani Moab dan bani Amon menyerang kerajaannya, yang ia lakukan adalah mencari Tuhan. Bahkan , " ia menyerukan kepada seluruh Yehuda, supaya berpuasa." ( 2 Tawarikh 20:30). Ketakutan yang ada dalam dir Yosafat berubah menjadi kekuatan yang dahsyat. Ia dengan penuh keberanian maju berperang dan akhrnya tampil sebagai pemenang oleh karena Tuhan turut bekerja dengan caranya yang heran dan penuh keajaiban.

Dalam doa juga terkadang terkandung kuasa menghasilkan sesuatu yang mustahil menjadi mungkin. Hana adalah seorang wanita yang mandul, yang secara manusia mustahil dapat memiliki anak. Tapi karena ia terus bertekun dalam doa

b. Kita harus percaya akan janji Tuhan
Tuha kita adalah Tuhan yang setia pada janji-Nya. Janji Tuhan itu pasti, Ya dan Amin.  Berkali-kali Tuhan berjanji akan selalu menyertai kita umat-umat pilihan-Nya.  Mari kita imani janji Tuhan ini. Terus imani can percaya janji-Nya. Janji Tuhan itulah yang mampu membuat kita tetap bertahan ditengah masalah dan kesukaran.

c. Kita harus sabar dan tekun.
Kalau kita ingin berhasil dan sukses, juga agar dapat bertahan di tengah kesukaran, kita harus hidup dengan penuh kesabaran dan ketekunan. Lakukan yang terbaik dengan tekun dan sabar menjalani proses demi proses yang Tuhan ijinkan.Ingatlah bahwa ada badai yang membutuhkan waktu panjang untuk pada akhirnya reda, adapula badai yang waktunya terjadi dalam waktu yang singkat. Saat proses badai sedang berlangsung, tetaplah tekun dan jangan menyerah.

Penutup
Tuhan merancang kita untuk menjadi pemenang-pemenang dalam kehidupan. Tuhan tidak ingin kita kalah dan menyerah. Teruslah bertahan di tengah kesukaran.Teruslah berdoa, teruslah percaya pada janji-Nya, teruslah sabar, tekun dan setia, sampai Tuhan menyatakan rencana indah-Nya.

LINK INFORMASI PENTING

HOT PROMO
Dapatkan 1209 Materi Khotbah dalam format powerpoint
Cukup dengan donasi Rp.99.000
Silakan hubungi kami via WA
atau Klik


1 komentar: