Senin, 12 Januari 2015

HATI DAUD

 Ayat Pokok:
Kisah 13:22 b
Pendahuluan
Dari ayat ini kita membaca perkataan dan pernyataan Tuhan, bahwa Daud adalah pribadi yang berkenan dihadapan-Nya.

Mengapa Daud begitu berkenan di hati Tuhan?
Dari Mazmur 51:1-12, kita dapat mengetahui mengapa Daud, begitu berkenan di hati Tuhan? karena Daud memiliki hati yang luar biasa.

a. Hati yang bersih ( Mazm 51:12)
    Daud senantiasa meminta kepada Tuhan, agar hatinya bersih dan ia selalu menjaganya. Karena jika hati kita bersih, maka yang terpancar adalah kehidupan

b.  Hati yang rela/ikhlas ( Mazm 51:14)
     Daud menyerahkan seluruh kehidupannya kepada Tuhan sepenuhnya. Daud mempersilahkan  Tuhan melakukan apa saja dalam hidupnya dan ia ikhlas menerimanya. Baginya seburuk apapun yang terjadi, tak apa-apa, asalkan hati Tuhan disenangkan.

c. Hati yang terpaut pada Tuhan ( Mazm 51:13
Apapun yang Tuhan ambil dari Daud,akan diizinkan. Tetapi ada satuu hal yang tidak boleh dilepaskan, yaitu Roh Kudus.  Baginya apapun boleh terjadi, tetapi jangan ambil Roh Kudus dari hidupnya., karena Tuhanlah yang terutaman dan terpenting baginya.

d. Hati yang remuk ( Mazm 51:19)
Daud sering diremukkan hatinya, tetapi itu persembahan kepada Tuhan sebagai persembahan yang harum dan menyenangkan hati Tuhan.

e. Hati yang transparan ( Maz 51:1-2)
Daud tidak menyembunyikan dosa dari kesalahannya. Dia justru memerintahkan pemimpin pujian untuk menyanyikan kesalahan dan penyesalannya didepan umat Israel. Dia tidak menjaga mukanya dengan memakai topeng, tetapi dia adalah orang yang hatinya transparan

Penutup
Tentu kita ingin menjadi orang yang berkenan kepada  Tuhan. Biarlah kita mau memiliki hati seperti hati Daud.



1 komentar: