Senin, 19 Juni 2023

SUKACITA KARENA TUHAN

Ayat Pokok:
Nehemia 8:10-11

Pendahuluan
Hidup Kristen selalu dipenuhi dengan sukacita surgawi, sehingga meskipun masalah dan persoalan datang, mereka tidak kecewa, dan tetap dapat bersukacita.

Betapa pentingnya sukacita, karena sukacita dari dalam hati kita akan terpancar keluar dan mempengaruhi segala yang ada di luar kita.

Sukacita dalam hati kita dapat timbul jika kita selalu menyadari penyertaan Tuhan selalu ada dalam diri kita, rencana-Nya selalu yang terbaik bagi kita dan mujizat serta pertolongan-Nya selalu ada bagi kita.

Mengapa kita perlu bersukacita?
Mari kita renungkan mengapa kita perlu bersukacita dalam Tuhan.

1. Karena sukacita dalam Tuhan akan membuat kita kuat menghadapi segala tantangan kehidupan
Nehemia 8:11 b (TB),”…Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena Tuhan itulah perlindunganmu!” 

Nehemia 8:11 b (TL), “… maka sebab itu janganlah kamu berdukacita, karena kesukaan yang dari pada Tuhan itulah juga kuatmu.”

2. Karena sukacita dalam Tuhan akan menutup pintu kebencian dan kedendaman
Kenapa ada banyak orang kehilangan sukacita, karena dalam hantinya masih dipenuhi dengan kedendaman, kedengkian dan iri hati.

Karena itu mari kita buang semua hal negatif ini. Kita ganti dengan hal-hal yang positif, sukacita, pengampunan dan kasih, sehingga kesukaan dari Tuhan akan kita nikmati.

3.   Karena sukacita dalam Tuhan akan menolong kita untuk menjadi lebih kreatif dalam hidup ini.
Banyak orang ketika menghadapi masalah, pikirannya fokus kepada masalah dan bukan kepada Tuhan. Hal ini seringkali justru membuat kita tidak dapat melihat pelunag-peluang dan kesempatan yang ada dihadapan kita.

Tetaplah bersukacita, tetap tenang dan pastikan bahwa masalah akan membuat kita lebih kreatif dalam menjalani pergumulan hidup ini.

4. Karena sukacita dalam Tuhan akan menuntun kita untuk melihat pertolongan Tuhan yang dahsyat

Amsal 17:22, “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.”

Penutup
Orang yang menerima sukacita dalam Tuhan, maka hidupnya pasti tenang, tenteram dan beruntung
Oleh karena itu, mari kita senantiasa bersukacita senantiasa dalam Tuhan, seperti Firman Tuhan yang tertulis dalam Filipi 4:4: “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!”


LINK INFORMASI PENTING
29 BAHAN KHOTBAH PILIHAN

0 komentar:

Posting Komentar