Kamis, 29 Juni 2023

TUHAN SELALU MENOLONGKU

 Ayat Pokok:
Mazmur 38:1-23

Pendahluan
Daud disebut Tuhan sendiri sebagai orang yang berkenan di hati-Nya, tetapi Daud juga mengalami permasalahan dan bahkan sakit penyakit.
Ay2. Ketika seseorang sedang sakit, salah satu intimidasi iblis adalah Tuhan sedang menghajar. Tuhan sedang menghukum, sedang marah, 
Setiap kali kita mengalami sakit, pasti ada saja serangan iblis. Iblis berkata, "Tuhan sudah meninggalkan engkau, Tuhan tidak membuat mujizat bagimu, 
Penyakit bukanlah tanda bahwa Tuhan tidak membuat mujizat.

Beberapa perenungan tentang penyakit.
1. Penyakit tidak selamanya adalah kutuk
Penyakit tidak selamanya adalah dosa. Penyakit juga bukan tanda bahwa Tuhan tidak menjawab doa. Penyakit bukan tanda bahwa Tuhan meninggalkan kita.

Ingat kisah Lazarus
Lazarus dikasihi Yesus tetapi dia sakit, seperti juga Daud, orang yang berkenan di hati Tuhan, tetapi dia juga alami sakit.
Kita hidup karena pertolongan Tuhan, dan pertolongan Tuhan dinyatakan bukan saja ketika kita sehat, tetapi Tuhan juga menolong kita ketika kita sakit.
Jadi ketika kita sakit, jangan biarkan iblis mengintimidasi kita, Tuhan meninggalkan, Tuhan menghajar, Tuhan tidak buat mujizat, Tuhan telah menenpatkan kutuk dalam hidup kita, dan lain sebagainya.
Kita bisa hidup karena pertolongan Tuhan, dan Tuhan menolong kita bukan hanya ketika kita sehat, Tuhan juga menolong kita ketika kita sedang terbaring sakit. Alkitab berkata, oleh bilur-bilur-Nya, kita yang percaya sudah disembuhkan Tuhan.

2. Penyakit adalah kesempatan untuk Tuhan menyatakan kuasa-Nya lebih dahyat dan luar biasa.
Mazmur 38:.22-23, "
Daud tahu bahwa penyakit bukan akhir dari segala-galanya. Ada Tuhan yang akan menolongya.

Beberapa hal tentang pertolongan Tuhan
1. Tuhan menolong kita tidak selamanya persis seperti yang kita harapkan.
2. Tuhan menolong kita sekaligus mendatangkan perubahan bagi kita
Tuhan ingin supaya hidup kita berubah; menjadi lebih dewasa, lebih tangguh, hidup lebih berkenan kepada Tuhan, makin hari makin disempurnakan dalam kemulian. Ada target Tuhan.
3. Tuhan menolong kita agar kita terlepas dari berbagai ikatan dosa.
4. Tuhan menolong kita agar pada akhirnya kita menerima kepastian jalan ke sorga.
Apa artinya kita dapatkan segalanya kalau jiwa kita binasa?
Agama, amal, ibadah, tidak bisa memberi jaminan sorga. Yang bisa memberi jaminan sorga adalah Kristus yang memberikan jaminan keselamatan bagi kita yang percaya.

Penutup
Mari bersyukur kepada Tuhan. 
Jangan jadi orang yang menjauh dari Tuhan. Apapun yang terjadi, tetaplah beriman dan percaya, Tuhan setia dan pasti akan menolong kita seturut kehendak-Nya.
Tetap hidup berkenan kepada Tuhan. Pastikan hidup kita senantisa seturut dengan terang firman Tuhan.





0 komentar:

Posting Komentar