Rabu, 11 Februari 2015

JANGANKAN BALOK, BELEK SAJA SERINGKALI TIDAK TERLIHAT

Tanpa kita sadari seringkali kita lebih sibuk memperhatikan orang lain, dari pada diri sendiri. Lihat saja, acara-cara TV yang memiliki rating tinggi justru acara-cara infotainment yang banyak membahas kehidupan orang terutama kejelekan orang lain.

Yesus menggambarkan hal ini dalam satu  perumpamaan ketika mengajarkan tentang hal menghakimi.  Matius 7:3 menyatakan " Mengapakah engkau melihat selumbar dimata saudaramu, sedangkan balok dimata mu tidak engkau ketahui?". Bukankan ini yang seringkali terjadi? selumbar dimata orang lain, terlihat jelas, tetapi balok dimata kita tidak terlihat. Jangankan balok, belek saja seringkali tidak terlihat.

Alkitab mengajarkan kepada kita untuk kita lebih memperhatikan  dengan seksama kehidupan kita. Artinya bagaimana kehidupan kita, apa yang kita pikirkan, apa yang kita ucapkan, serta lakukan ( Filipi 4:5-9).  Hal ini penting karena dengan kita memperhatikan bagaimana kehidupan kita, maka kita dapat mengetahui mana yang sudah baik dan mana yang harus kita perbaiki.


CATATAN: ILUSTRASI KHOTBAH INI DAPAT DIPAKAI UNTUK KHOTBAH:

0 komentar:

Posting Komentar