Selasa, 10 Februari 2015

RAHASIA MENDIDIK ANAK SUKSES

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendidik anak sukses:
Empati: Anak yang sukses memahami bagaimana perasaan orang lain. Sifat ini membuat mereka dapat bekeeja sama dalam kelompok. Salah satu cara untuk mengembangkan empati adalah mengembangkan sikap tenggang rasa pada orang lain. Jika anak mengggangu atau mengejek orang lain atau teman lain,  orang tua dapat berkata ;" Saya ingin kamu berpikir bagaimana rasanya jika kamu yang diejek seperti itu".

Cinta atau suka berprestasi: Anak yang sukses cakap dalam banyak bidang: akademik,olahraga, kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler,dll. Anak-anak seperti ini selalu mencari tantangan, karena tantangan-tantangan memberi mereka untuk berhasil. Orang tua membantu mereka untuk menikmati sukses di dalam satu aktifitas sehingga mereka terdorong untuk sukses di bidang lain.

Keinginan yang besar untuk belajar: Satu persamaan sifat yang mendapat nilai baik di sekolah baik di sekolah menengah umum adalah senang belajar, dan orang tua dapat membantu membangkitkan semangat ini. Kuncinya adalah sikap. Orang tua dari anak-anak berprestasi mengajari anak-anak mereka untuk memandang pembelajaran sebagai satu hak istimewa, bukan suatu masalah atau bahkan beban.

Selera Humor:Dapat menemukan humor dalam sesuatu merupakan salah satu tanda kecerdasan. Hal ini menunjukkan Allah mengerti ada sesuatu yang tidak pada tempatnya. Humor juga dapat membuat anak melepaskan tekanan-tekanan di sekolah. Orang tua dapat mengajarkan humor kepada anak-anaknya dengan tindakan mereka sendiri.

Keterlibatan orang tua: Berbagai  studi menunjukkan, anak-anak dari orang tua yang melibatkan diri berprestasi lebih baik di sekolah. Orang tua minta guru memberikan tantangan kepada anak-anaknya dan membantu anak-anaknya mengerjakan pekerjaan rumah( tanpa mengerjakannya untuk anak-anak). Mereka juga mendorong anak-anak mereka untuk mengembangkan kemampuannya, tapi tidak membuat anak-anaknya menjadi stress. Yang penting adalah, orang tua meluangkan waktu untuk berbicara dengan anak-anak mereka. Penelitian-penelitian menunjukkan, anak-anak yang sukses berasal dari keluarga yang makan malam bersama secara teratur. Saat membicarakan sekolah, coba tanyakan apa yang dipelajari di sekolah, bukan hanya berapa nilai ulangan atau testing mereka. Jika orang tua menunjukkan rasa tertariknya yang tulus terhadap apa saja yang dipelajari anak, maka si anak akan menjadi tertarik juga

LINK PENTING

0 komentar:

Posting Komentar