Jumat, 06 Maret 2020

INGATLAH ISTERI LOT


Ayat Pokok:
"Ingatlah akan isteri Lot!"
(Lukas 17:32)

Pendahuluan
Luk.17:32  adalah salah satu ayat Alkitab yang paling singkat. Jika kita perhatikan dari ayat 20 di sana kita dapati bahwa  Yesus sedang berbicara tentang kedatangan-Nya kedua kalinya. 

Di tengah-tengah pembicaraan mengenai kondisi situasi orang-orang yang hidup pada zaman akhir, tiba-tiba Yesus menyelipkan satu perkataan yang sangat menarik sekali ini. 

Tuhan mengasihi Lot, isteri dan kedua anak perempuannya. Tuhan mengutus malaikat untuk menyelamatkan mereka dengan pesan  jangan menengok ke belakang setelah keluar dari kota Sodom.
Tetapi isteri Lot menengok ke belakang sehingga Tuhan menghukum dia menjadi tiang garam.

Pembahasan
Apa maksud Tuhan dengan mengatakan " Ingatlah akan isteri Lot " ini?
Apa pengajaran yang ingin diberikan Yesus kepada kita supaya kita memperhatikan sungguh- sungguh tokoh yang tidak punya nama itu?
Mengapa Tuhan Yesus mengajak kita untuk mengingat akan isteri Lot?

3 Hal yang kita perlu pelajari dari kisah ini
Pertama, Jadilah pengikut Tuhan yang setia.
Isteri Lot adalah merupakan simbol  dari orang yang hidup pada akhir zaman :
a. Yang mengaku sebagai orang yang beriman     tetapi sebetulnya     hatinya bercabang,     orientasinya mendua. 

b. Yang mengikut Tuhan tetapi sebetulnya     orang ini juga mengikut dunia. 

c. Yang kelihatannya mencintai Tuhan, tetapi     juga mencintai dunia. 

d. Yang kelihatannya  seperti pengikut setia     Tuhan, tetapi juga adalah pengikut setia  dari dunia dan segala isinya.

Mengapa isteri Lot menoleh ke belakang sesudah dia keluar dari kota Sodom dan Gomorah, padahal malaikat Tuhan sudah mengingatkan dia untuk tidak menengok kebelakang?

Umumnya para penafsir Alkitab mengatakan bahwa isteri Lot tidak rela meninggalkan segala harta bendanya yang ditinggalkannya di Sodom. Dia begitu mencintai segala sesuatu yang dimilikinya lalu dia menengok ke belakang.

Pada saat Yesus berbicara mengenai kedatangan-Nya yang kedua dalam Lukas 17, Ada satu hal yang menarik sekali untuk diperhatikan yakni dalam ayat 31.

Yesus mengatakan, “Barangsiapa pada hari itu sedang di peranginan di atas rumah dan barang-barangnya ada di dalam rumah, janganlah ia turun untuk mengambilnya, dan demikian juga orang yang sedang di ladang, janganlah ia kembali.”

Kedatangan Anak Manusia itu begitu cepat sekali! Alkitab katakan, seperti kilat yang menyambar dari timur ke barat. Sehingga dengan demikian tidak ada waktu, untuk mengambil barang-barang berharga yang dimiliki dan dicintai di dunia ini.

Kedua; Jangan pernah mengabaikan firman Tuhan.
Isteri Lot adalah merupakan simbol dari orang yang hidup di akhir zaman, yaitu orang yang sudah mendengar firman Tuhan, tetapi berani mengabaikannya begitu saja.




Tuhan mengirimkan malaikatnya datang untuk menyampaikan pesan untuk meninggalkan Sodom dan Gomorah. Ada perintah dan larangan untuk tidak  menengok ke belakang.


Isteri Lot ini manusia yang hidup di akhir zaman, yang berani  mengabaikan firman Tuhan. Dia menengok ke belakang, dia melanggar perintah Tuhan.

Refleksi diri
Kita mendengarkan firman Tuhan yang isinya mengajak kita untuk melayani, apakah kita sudah melayani? 

Kita mendengarkan firman Tuhan yang mengajak kita kita mengembalikan perpuluhan, apakah kita sudah mengembalikan perpuluhan? 

Firman yang kita dengarkan itu mengajak kita untuk menginjil, apakah kita sudah menginjil?

Firman yang kita dengarkan itu mengajak kita untuk memelihara hari Sabat, apakah kita sudah memelihara hari Sabat?

Firman yang kita dengarkan itu mengajak kita untuk bertobat, apakah kita sudah bertobat?

Firman yang kita dengarkan itu mengajak kita untuk mengasihi, apakah kita sudah mengasihi?

Isteri Lot satu kali saja tidak menaati firman Tuhan, langsung dihukum. Satu kali saja dia mengabaikan firman Tuhan langsung jadi tiang garam.

Ketiga: Jangan menganggap remeh pertolongan atau kebaikan Tuhan
Isteri Lot adalah merupakan simbol dari orang-orang yang hidup pada akhir zaman, orang yang sudah mengalami pertolongan Tuhan tetapi kemudian sama sekali tidak menganggapnya.



Dalam Kejadian 19
Dicatat bahwa isteri Lot itu sebetulnya sudah keluar dari Sodom. Artinya, dia sudah ditolong oleh Tuhan. Dia sudah mengalami apa yang namanya pertolongan Tuhan.

Kej.19:16 mengatakan tangan isteri Lot itu dituntun oleh malaikat Tuhan.

Itu pengalaman supranatural, bukan?

Istri Lot sudah ditolong Tuhan dan itu bukan dalam mimpi, tetapi dalam pengalaman yang real. Tetapi dia tidak memperdulikan perbuatan pertolongan Tuhan.


Penutup
Saudara yang kekasih dalam Yesus Kristus, kita adalah merupakan orang-orang Kristen yang hidup pada akhir zaman.
Tidak lama lagi dari sekarang, Yesus akan datang segera untuk menjemput umat-umatNya yang percaya.
DIA sudah memperingatkan kita, bahwa sementara kita menantikan kedatangan-NYA, kita disuruh untuk mawas diri dan mengingat “Istri Lot.”

Semoga masing-masing kita selalu mengingat “Istri Lot,” dan sementara kita menantikan kedatangan Kristus yang kedua kali, tabiat kita mencerminkan tabiat Kristen yang sejati!

TUHAN YESUS MEMBERKATI


Catatan:
Apabila Bapak/Ibu membutuhkan slide powerpoint dari khotbah ini, silakan kirim perminataan via WA ke.0852-2808-5470 ( Dengan Pdt. Hosea Agus Susanto)
Materi ppt beserta Kartu Khotbah akan kami kirim ke WA, Email atau Telegram Anda dengan cuma-cuma.









0 komentar:

Posting Komentar