Sabtu, 23 Juli 2016

VICTORY: MENJADI GEREJA TUHAN YANG BERKEMENANGAN

"Tetapi dalam semuanya itu, kita lebih daripada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasih kita."
( Roma 8:37 )

Pendahuluan.
Setiap kita tentu ingin menjadi gereja-gereja Tuhan yang berkemenangan. Tahukah saudara bahwa Tuhan sesungguhnya lebih merindukan supaya kita menjadi gereja yang berkemenangan?. Tuhan bukan sekedar merindukan supaya kita menjadi gereja yang berkemenangan, tapi Ia sendiri sudah berjuang dan memang dan mengaruniakan kemenangan itu kepada kita. Kata "kemenangan" dalam bahasa Inggris disebut dengan kata "Victory". Itu sebanya banyak gereja-gereja yang menggunakan kata "Victory" ini. Bahkan ada toko buku, panti asuhan, sekolah dan yayasan-yayasan pelayanan Kristen yang menggunakan kata ini. Hal ini menunjukkan bahwa kita semua ingin menjadi gereja yang menang. Kata "Victory" juga dapat bermaka" kesuksesan". Kata "kemenangan" itu sendiri adalah merupakan kata sifat yang dapat berkonotasi atau mempunyai arti "memperoleh atau mempunyai kemenangan".

Bagaimana Supaya Kita Memiliki Kehidupan Yang Berkemenangan?
Pertanyaan penting selanjutnya adalah bagaimana supaya kita dapat disebut sebagai gereja Tuhan yang berkemenangan? Kita tentu tahu bahwa tidak ada kemengan yang kita perole secara instant. Untuk dapat tampil sebagai pemenang, tentu ada pertandingan, perlombaan dan peperangan yang mesti kita hadapi. Perlu kita pahami bersama bahwa kemenangan tidak hanya sekedar diarttikan bahwa kita akan selalu berhasil atau memperoleh apa yang kita inginkan secara materi atau duniawi. Kemenangan disini lebih kepada bersifat batiniah, yaitu bagaimana kita dapat terus bersyukur atas apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, serta atas apapun pengalaman-pengalaman kehidpan yang Tuhan ijinkan terjadi dalam kehidupan kita.  Kemenangan juga dapat diartikan dengan bagaimana kita mau terus bertahan dalam setiap tantangan yang ada dihadapan kita. Jadi untuk dapat berkemengan, kita perlu terus berjuang dalam hidup. Dan setiap perjuangan harus kita dasari dengan keyakinan iman bahwa  Tuhan pasti memberi kekuatan dan kemampuan kepada kita. Paulus berkata kepada jemat di Filipi ;" Hai  saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir, karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu, baik kemauan  maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya ( Filipi  2:13-14).

Untuk dapat berkemengan kita perlu memohon penyertaan Tuhan atas setiap masalah yang sedang kita hadapi. Dalam Markus 4:35-41, di catat bagaimana para murid Tuhan, ketakutan ketia menghadapi masalah, karena mereka tidak menyadari bahwa ada Tuhan ditengah-tengah mereka, dan karena mereka tidak menyerahkan masalah mereka kepada Tuhan. Yang terjadi mereka mulai panik dan  takut, karena mereka tidak menyadari kuat kuasa yang ada pada-Nya. Padahal sebenarnya, jika mereka tetap tenang, mereka hanya berseru kepada Tuhan dan memohon supaya Tuhan campur tangan. Dengan demkian Tuhan akan memampukan kita untuk menjadi pememang. Kita hanya akan bisa menang, kalau kita  hidup dalam kekuatan kuasa Tuhan ( Efesus 6:10). Untuk dapat terus menang, kita juga harus terus menggunakan perlengkapan senjata Allah (Efesus 6:11-20).

Kita juga perlu senantiasa menyadari bahwa, Tuhan  melalui kuasa Roh Kudus-Nya akan terus menyertai kita dalam keadaan apapun juga untuk memberikan kekuatan dan kemenangan kepada kita. Penyertaan Tuhan akan dapat memberikan kita kekuatan untuk hidup berkemenangan. Meskipun kita beriman kepada Tuhan yang hidup, kita diminta untuk terus berjuang dalam hidup. Allah tidak akan pernah memberikan kemenangan secara instant. Tuhan ingin supaya kita menjadi umat-umat yang kuat. Itu sebanya seringkali Tuhan mengijinkan kita untuk menghadapi berbagai pengalaman peperangan untuk membuktikan bagaimana Dia peduli kepada kita. Percayalah Tuhan tidak akan pernah membiarkan kita sendirian, menghadapi gelombang kehidupan. Tuhan berjanji akan memberi kita kemenangan dan melepaskan kita dari semuanya (Mazm 34:20).

Kita perlu senantiasa mengingat bahwa, jika Tuhan senantiasa bersama-sama dengan kita, maka Tuhan pasti tidak akan pernah membiarkan kita sendirian menghadapi setiap pergumulan. Ia pasti akan menolong dan memberikan kemenangan bagi kita yang percaya kepada-Nya. Firman Tuhan berkata :" Tetapi syukur kepada Allah yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus Tuhan kita ( 1 Korintus 15:57).

Penutup
Bagi gereja Tuhan, kemenanga adalah suatu keharusan. Mahkota hanya Tuhan siapkan bagi orang-orang yang mau terus berjuang dan didapati mereka setia sampai akhir. Wahyu 21:7 menulis' Barang siapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan  Aku akan menjadi Allahnya, dan ia akan menjadi anakku".

LINK PENTING
  • FLASHDISK MATERI KHOTBAH PAKET PANDUAN PELAYANAN KLIK DISINI 
  • BAHAN KHOTBAH POWERPOINT EDISI JANUARI 2016 KLIK DISINI
  • BAHAN KHOTBAH POWERPOINT EDISI FEBRUARI 2016 KLIK DISINI 
  • BAHAN KHOTBAH POWERPOINT EDISI MARET 2016 KLIK DISINI 
  • BAHAN KHOTBAH POWERPOINT EDISI APRIL 2016 KLIK DISINI 
  • BAHAN KHOTBAH POWERPOINT EDISI JULI 2016 KLIK DISINI 
  • TOKO EBOOK ROHANI- BISA BAYAR DENGAN PULSA KLIK DISINI 


0 komentar:

Posting Komentar