Kamis, 29 September 2016

MENGAPA KITA HARUS MENGAMPUNI?

Ayat Pokok:
“Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.” 
(Markus 11:26)
 
Pedahuluan
Firman Tuhan mengajarkan kepada kita untuk melepaskan dan membebaskan diri kita dari luka hati serta rasa benci dalam hati kita. Kita harus melepaskan dan membuang semua itu dan jangan pernah memupuk atau bahkan membiarkannya bertumbuh dalam hidup kita.

Mengapa Kita Harus Mengampuni?
Berikut 3 Alasan Mengapa Kita Harus Mengampuni:

1. Karena Allah Telah Mengampuni Kita
Dalam kitab Matius 18, Tuhan Yesus memberikan perumpamaan tentang seorang raja yang mengampuni hambanya. Ayat 27 mengatakan demikian,
“Lalu tergeraklah hati raja itu oleh belas kasihan akan hamba itu, sehingga ia membebaskannya dan menghapuskan hutangnya.”
Sebagaimana sang raja membebaskan hamba tersebut dari seluruh hutangnya, demikianlah Allah Bapa mengirim Tuhan Yesus Kristus untuk membayar lunas semua hutang kita. Segala hal buruk yang pernah kita lakukan dalam hidup sudah diampuni dan dibayar lunas di Kalvari. Yesus telah menggantikan kita; Ia telah membayar waktu yang seharusnya kita habiskan di penjara, Ia menanggung semua aib kita dan membayar lunas seluruh upah dosa kita. Tuhan Yesus mati di kayu salib untuk menebus dosa kita.

2. Karena Dengan Membenci Kita Menyiksa Diri Sendiri
Membenci sejatinya merupakan sebuah luka hati yang disebabkan oleh diri kita sendiri. Setiap kali kita membenci seseorang ,hal itu akan terasa lebih menyakitkan bagi kita dibandingkan bagi orang yang kita benci. Kenyataannya, sementara kita masih dibebani oleh sesuatu yang terjadi bertahun-tahun lalu, orang tersebut sudah melupakan peristiwa itu!  Masa lalu kita biarlah menjadi masa lalu, dan itu tidak dapat melukai kita lagi kecuali kita terus mempertahankannya.
 “Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.” I Yohanes 2:11

3. Karena Kita Membutuhkan Pengampunan Setiap Hari
Alkitab secara jelas mengajarkan kepada kita bahwa kita tidak akan dapat menerima sesuatu yang kita sendiri tidak bersedia memberikannya. Apakah Anda ingin diampuni? Alkitab mengatakan bahwa kita butuh pengampunan.

“Oleh karena nama-Mu, ya TUHAN, ampunilah kesalahanku, seba besar kesalahan itu.” Mazmur 25:11
Sikap mengampuni merupakan sebuah gaya hidup. Mengampuni bukan sesuatu yang hanya kita lakukan sekali saja. Kita membutuhkan pengampunan setiap hari dan kita harus minta pengampunan setiap hari. Kita harus menerima pengampunan dari Allah dan dari sesama setiap hari. Kita harus bersedia memberikan pengampunan kita. Pengampunan harus berkelanjutan; pengampunan harus menjadi sesuatu yang kita nikmati dan kita usahakan.

Penutup
Kita adalah orang-orang yang berdosa, yang seharusnya menerima penghukuman Tuhan, Tetapi karena kasih-Nya yang luar biasa, maka Ia telah menebus dosa kita dan menyucikan kita dari segala kutuk dosa. Mengampuni memang tidaklah mudah. Tapi karena ini perintah Allah, kita harus melakukan hal ini. Mengampuni membutuhkan tekad dan semangat yang kuat.

“Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.
( Efesus 4:32)

 LINKI INFORMASI PENTING

0 komentar:

Posting Komentar