Selasa, 24 Januari 2017

TUHAN DATANG SEPERTI SINGA

Ayat Pokok:
Hosea 13:7-8
Pendahuluan
Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang penuh kasih. Namun demikian, Tuhan adalah Tuhan yang tegas terhadap dosa dan pelanggaran umat. Tuhan tidak mau kompromi dengan dosa. Ketika didapati umatNya terus berbuat dosa dan mengabaikan peringatan Tuhan, maka bisa jadi Tuhan akan datang dan memberikan penghukuman. Demikian yang terjadi di umat Israel pada jaman Hosea. Meskipun sudah berulangkali Tuhan memperingatkan bangsa Israel untuk tidak lagi berbuat dosa, namun mereka terus mengeraskan hati. Hukuman tidak dapat lagi dihindarkan. Pasal akhir dari kitab Hosea ini sepertinya merupakan peringatan dan pukulan terakhir atas semua dosa bangsa Israel.

Dosa-dosa bangsa Israel
Dosa terbesar bangsa Israel adalah penyembahan berhala ( Hosea 13:1-2). Karena dosa inilah, mereka harus mati (Hosea 13:1), dan lenyap tak berbekas ( Hosea 13:3). Dosa bangsa Israel yang selanjutnya adalah tidak tahu berterimakasih atas segala berkat dari Allah yang sudah mereka nikmati pada masa lampau ( Hosea 13:4-6). Oleh sebab itu penghukuman Tuhan datang digambarkan seperti binatang buas yang memangsa korban-korbannya ( Hosea13:7-8).

Kepada siapa Tuhan akan datang seperti singa?
1. Kepada yang tidak mau diingatkan oleh Tuhan
    Allah melakukan hal ini bukan karena kehilangan kesabaran. Allah melakukan tindakan ini karena terlalu sabar. Berulangkali Allah memperingatkan bangsa Israel, tetapi seringkali mereka menganggap remeh teguran Tuhan.
2. Kepada orang yang main-main dalam pelayanan.
3. Kepada orang yang mempergunakan nama Tuhan dengan sembarangan

Penutup
Kehancuran dan penderitaan bukanlah kehendak Tuhan. Tetapi terkadang, Tuhan harus melakukan hal ini untuk menyadarkan  dosa umat-umatNya. Allah melakukan hal ini bukan karena tidak lani menyanyangi umat-Nya, tetapi sebagai cara satu-satunya untuk mencegah umatNya tidak semakin binasa. Tentu Anda tidak mau mengalami hal ini bukan? mari berbaliklah dan kembalilah ke jalan Allah.

LINK INFORMASI PENTING

0 komentar:

Posting Komentar