Senin, 20 November 2017

BEBAN BERUBAH JADI BERKAT

"Salah seorang dari isteri-isteri para nabi mengadukan halnya kepada Elisa, sambil berseru: "Hambamu, suamiku, sudah mati dan engkau ini tahu, bahwa hambamu itu takut akan TUHAN. Tetapi sekarang, penagih hutang sudah datang untuk mengambil kedua orang anakku menjadi budaknya." Jawab Elisa kepadanya: "Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kaupunya di rumah." Berkatalah perempuan itu: "Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak." Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit. Kemudian masuklah, tutuplah pintu sesudah engkau dan anak-anakmu masuk, lalu tuanglah minyak itu ke dalam segala bejana. Mana yang penuh, angkatlah!" Pergilah perempuan itu dari padanya; ditutupnyalah pintu sesudah ia dan anak-anaknya masuk; dan anak-anaknya mendekatkan bejana-bejana kepadanya, sedang ia terus menuang. Ketika bejana-bejana itu sudah penuh, berkatalah perempuan itu kepada anaknya: "Dekatkanlah kepadaku sebuah bejana lagi," tetapi jawabnya kepada ibunya: "Tidak ada lagi bejana." Lalu berhentilah minyak itu mengalir. Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: "Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu."

(2 Raja-raja 4:1-7)
Di dalam kehidupan ini setiap orang pernah memiliki beban-beban dalam kehidupan mereka, tetapi percayalah di dalam Tuhan setiap beban dan masalah dapat diubah menjadi berkat. Beban hutang yang menjepit keluarga ini sangat hebat, tetapi Tuhan melakukan mujizat dan Tuhan menolong mereka mengalami kelepasan hutang-hutang mereka. Bagaimana Beban bisa berubah menjadi Berkat :
  1. JANGAN MENYERAH KEPADA KEADAAN Janda dari rombongan nabi ini mengalami hutang dan tidak dapat melunasi, maka anaknya dan dirinya akan menjadi budak dalam tradisi orang Yahudi dan mereka akan mengalami pembebasan dari hutang mereka pada Tahun Yoel. Janda rombongan nabi ini tidak menyerah pada nasib mereka dan tidak berbuat apa-apa sama sekali tetapi mereka berusaha dan datang kepada nabi Elisa.
  2. JANGAN MALU MINTA PERTOLONGAN Janda nabi ini tidak tinggal diam, mereka minta pertolongan kepada nabi Elisa. Banyak orang ketika menghadapi masalah dalam kehidupan, mereka malu untuk minta pertolongan kepada orang lain. Rombongan janda ini tidak hanya memangku tangan dan berdiam diri di rumah lalu berharap ada orang yan datang untuk menolong. Kalau kita menghadapi beban dan masalah kita harus berusaha untuk meminta pertolongan kepada Tuhan, dan Melalui nabi Elisa, Tuhan melakukan terobosan besar dalam hidup mereka.
  3. JANGAN PERKECIL IMANMU Tuhan kita adalah Tuhan yang maha dasat, dan kita jangan pernah meragukan kuasanya yang ajaib. Untuk mendapatkan terobosan dan mujizat tetapi juga ditentukan oleh kapasitan imanmu. Waktu nabi Elsa memerintahkan untuk melakukan meminta bejana-bejana dari orang lain, mereka melakukan sperti apa yang diprintahakan oleh nabi Elisa dan mereka percaya kepada Tuhan melalui nabi Elisa maka mujizat dan terobosan terjadi dalam kehidupan mereka. Iman diperlukan dalam setiap beban dan masalah yang kita hadapi dan kalau kita mau mengalami terobosan kita harus perkuat iman kita kepada Tuhan maka setiap masalah dan beban yang kita alami akan mengalami terobosan yaitu Pelunasan dari hutang-hutang kita.
  4. JANGAN ULANGI KESALAHANMU
    Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: "Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu."(2 Raja. 4:7)
    Wanita janda ini dan suaminya telah melakukan kesalahan, sebelumnya janda nabi ini hanya bergantung kepada suaminya dan ketika suaminya mati ia tidak bisa berbuat apa-apa karena ketika suaminya hidup ia hanya menjadi ibu rumah tangga. Nabi Elisa kemudian memerintahkan untuk "pergi dan juallah minyak itu" itu artinya seorang istri juga harus cakap untuk menghasilkan uang. Kedua jangan biasakan hidup untuk berhutang karena berhutang akan menambah beban yang semakin berat dalam hidup kita
Ketika saudara mengalami beban dan masalah yang berat dalam hidupmu, percayalah Tuhan dapat mengubahnya menjadi berkat dan lakukan ke empat hal di atas yaitu, Jangan menyerah kepada keadaan, Jangan malu minta pertolongan, Jangan perkecil imanmu, dan jangan ulangi kesalahanmu maka kita akan mengalami terobosan dan pertolongan Tuhan yang ajaib.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"
 Sumber:
http://gbiprj.org/home/sermon-1969-beban-berubah-menjadi-berkat.html

LINK INFORMASI PENTING
777 JUDUL MATERI KHOTBAH POWERPOINT ANEKA TEMA 
1109 BAHAN KHOTBAH POWERPOINT ANEKA TEMA

0 komentar:

Posting Komentar