Sabtu, 04 November 2017

SERI :7 KARAKTER KRISTUS YANG HARUS KITA TELADANI BAG.1- KASIHNYA YANG LUAR BIASA



Ayat Pokok:
"Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula,mereka juga ditentukan-Nya untuk menjadi serupa dengan gambaran anak-Nya, supaya Ia, anak-Nya itu  menjadi yang sulung diantara banyak saudara."
(Roma 8:29).


Pendahuluan
Ketika Allah memilih kita, sesungguhnya Allah tidak hanya ingin menyelamatkan kita, tetapi Allah ingin membentuk kehidupan kita supaya mempermuliakan nama-Nya. Kehidupan yang mempermuliakan nama-Nya itu, dapat terjadi ketika kita hidup seturut akan kehendak Tuhan dan kehidupan kita mencontoh atau meneladani Kristus. Oleh sebab itu, mari kita perhatikan beberapa hal yang ada dalam diri Kristus Yesus yang patut kita contoh.

Tentu ada banyak hal yang kita perhatikan dari kehidupan Kristus Yesus.  Semua sisi kehidupan Kristus adalah hal yang harus menjadi contoh nyata dalam kehidupan kita. Tetapi kita akan lebih memfokuskan pembahasan pada 7 karakter dalam diri Kristus Yesus yang patut kita teladani. dan 12 Karakter Kristus itu bisa kita lihat dari akronim yang nama-Nya yaitu K, R, I, S, T, U, S

7 Karakter Kristus yang harus menjadi teladan
Apa saja karakter Kristus yang harus kita teladani?
K-Kasih-Nya yang luar biasa
R-Rendah hati
I-Integritas 
S-Sabar
T-Taat
U-ntuk Bapa saja hidup-Nya
S- Selalu penuh pengampunan

Yesus Kristus: Pribadi yang Kasih-Nya Luar Biasa
Kita masuk dalam seri khotbah 7 Karakter Kristus yang harus menjadi teladan bag. 1 yaitu; Yesus Kristus pribadi yang penuh kasih.

Kasih Yesus
Ketika kita bicara tentang Kekristenan, maka itu tidak akan bisa dilepaskan dari yang orang sebut Kasih. Bicara Kristen, itu identik dengan kasih. Sebaliknya ketika kita bicara kasih, maka itu identik dengan Kekristenan. Mengapa demikian? karena sudah sejak semula , sejak kekristenan ada, orang-orang Kristen itu dikenal sebagai orang yang penuh kasih. Banyak orang paham bahwa ajaran Kristen yang utama adalah kasih. Mengapa demikian? karena orang-orang Kristen adalah orang-orang yang hidup meneladani junjugan agung Yesus Kristus yang adalah pribadi yang penuh kasih. Jadi kalau ada orang yang mengaku sebagai orang Kristen, tetapi hidupnya jauh dari sifat kasih, bahkan bertolak belakang dengan sifat kasih, maka perlu dipertanyakan bagaimana kekristenannya itu.

Kristen ada karena kasih. 
Yohanes 3:16 menulis,"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehngga Ia telah mengaruniakan anak-Nya yang tunggal,  supaya setiap orang yang percaya, tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal."
Banyak cerita tentang cinta kasih yang ada di dunia. Namun kasih Allah, kasih Kristus itu "total diferent".- sangat berbeda dengan kasih yang ada di dunia.  Kasih Allah itu begitu lebar, panjang,  dalam dan tinggi. Kasih-Nya itu kekal ( Yeremia 31:3),

Karakteristis Kasih Kristus?
Bagaimana karakteristik kasih Kristus kepada kita?
Ada 3 karakteristik kasih Kristus yaitu:

1. CONSTANT- Tetap/Tidak akan pernah berubah (1 Yohanes 4:13-16)
Constant artinya tetap, tidak berubah, dengan terus-menerus, berhenti. Kasih Tuhan itu kekal untuk seterusnya dan selama-lamanya. Berbeda dengan kasih manusia yang sering kali tidak kekal, sementara. Kasih manusia bisa saja berubah, dulu cinta setengah mati, sekarang bisa jadi benci setengah mati. Kapan paling akhir manusia berhenti mengasihi, yaitu pada saat ia mati.

Apa buktinya kasih Allah itu kekal? buktinya sampai saat ini kita masih dikasihi Allah. Walaupun kalau kita mau jujur, seringkali kita menyakiti Tuhan, kita tidak taat akan perintah-Nya, tetapi Tuhan masih mengasihi kita. Itu sebabnya harusnya kita meneladani Kasih Kristus yang kekal ini, yang tidak pernah berubah. Mari kasih kita kepada Allah juga kita akan terus bangun. Bukankah ada lagu pujian, tambah hari tambah cinta Yesus? Mari cinta kita kepada suami atau istri kita, juga kita akan tetap jaga, supaya semakin menyala. Mari kita juga terus meminta kepada Tuhan, supaya kita dapat lebih lagi mengasihi sesama, tanpa memandang muka, tanpa membedakan asal-usul atau agama dan keyakinan kita.

2. PERFECT- Sempurna (1 Yohanes 4:12)
Perfect artinya, sempurna, benar-benar, utuh, sepenuh, tidak setengah-setengah. Mungkin ada diantara kita yang berpikir? kalau kasih Tuhan itu sempurna, mengapa saya gagal, mengapa saya sakit? mengapa saya alami masalah demi masalah yang seolah tidak mau beranjak dari dalam hidup kita?
Keadaan kita yang baik, buruk, tidak ada hubungan-Nya dengan kasih Allah. Ada yang berpikir, kalau kasih Allah itu sempurna, tentu Ia akan memberikan yang baik-baik saja buat kita. Mari kita melihat masalah dan persoalan bukan dari kacamata kita manusia, tetapi dari kacamata Ilahi. Ada maksud-maksud Allah yang kita mungkin belum bisa memahami, karena keterbatasan kita. Tetapi percayalah, kasih-Nya tetap untuk kita. Kasih-Nya sempurna untuk kita.
Mari kita mau belajar untuk meneladani kasih Allah dengan kasih yang sempurna, seperti yang Tuhan mau untuk kita lakukan. Roh Kudus pasti memberi kita hikmat dan kekuatan.

3. UNCONDITIONAL - Tak bersyarat (1 Yohanes 4:19-21)
Unconditional artinya, tak bersyarat, mutlak. Ini sangat berbeda dengan kasih  manusia yang biasanya bersyarat. Kasih Allah adalah kasih "walaupun". Walaupun manusia tidak mengasihi Allah, bahkan memberontak dan berbuat dosa, Allah tetap mengasih manusia. Sedangkan kasih manusia, kebanyakan adalah kasih yang bersyarat. Kasih " jikalau". Jikalau kamu mengasihi aku, maka aku akan mengasihi kamu juga, dsb.
Jika ada orang yang memenuhi harapan/keinginan dirinya, maka barulah ia mau mengasihi orang tersebut. Namun jika tidak, maka ia juga tidak mau mengasihi.
Bapa sudah demikian mengasihi kita saat kita masih berdosa dengan mengirimkan Yesus ke salib (Roma 8:32). Masalah terbesar untuk hidup manusia sudah diselesaikan oleh Tuhan, apakah lalu Ia melupakan kita? Tentu tidak. (Yeremia 31:34). Tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih-Nya. (Roma 8:37-39). Tuhan sanggup memelihara kita di dalam kasih setia-Nya (Matius 10:29-31).
Apakah ada alasan bagi Tuhan untuk mengasihi kita?
Ucapkan : ”Tuhan Yesus mengasihi saya dengan kasih yang tak bersyarat”

KESIMPULAN :
Kasih Kristus itu melampaui pengetahuan kita, namun juga sangat intim dan tidak pernah berubah. Kasih Kristus itu TETAP, SEMPURNA dan TAK BERSYARAT bagi kita. Kasih-Nya tidak bergantung kepada kita, tetapi karena Yesus Kristus. Salib adalah bukti Kasih Kristus yang sempurna bagi kita. Amen ~

SEKILAS INFO
Anda diberkati Tuhan dengan pelayanan kami dan ingin mendukung pelayanan kami baik dalam doa, dana, maupun pulsa? Silakan hubungi kami via SMS/WA ke.085228085470. Bila Anda membutuhkan powerpoint dari khotbah ini,  silakan ajukan permintaan kepada kami. Materi khotbah ini dan juga khotbah-khotbah lainya dapat kami kirim via email, wa atau facebook kepada anda. Tuhan Yesus Memberkati.

LINK INFORMASI PENTING
FLASHDISK PAKET PANDUAN PELAYANAN VERSI 8.1 
KUMPULAN TEKS LAGU PUJIAN 
777MATERI KHOTBAH POWERPOINT ANEKA TEMA
FLASHDISK PAKET PANDUAN PELAYANAN VERSI 4.1 







7 komentar:

  1. Penjelasan karakter Kristus lainnya spt rendah hati, integritas dan lainnya , bisa Saya baca dimana yah?
    Tq & Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus
  2. Puji Tuhan.
    Sangat memberkati.
    Terima kasih pak Agus.

    BalasHapus
  3. puji Tuhan, boleh saya minta seri khotbah powerpoint ke Email saya spdsugi@gmail.com. tks

    BalasHapus
  4. Haleluya...
    terpujilah Tuhan Yesus 🙏

    BalasHapus