Selasa, 12 Februari 2019

MENJADI TUA DAN BERBUAH


Ayat Pokok;
"Pada masa tua pun mereka masih berbuah, mernjadi gemuk dan segar."
(Maz 92:15)

Pendahuluan
Apa yang terbayang dalam pikiran kita ketika mendengar kata tua?
Ada orang yang berpikir positif ketika mendengar kata tua. Tua dapat diartikan orang yang sudah mapan, penuh dengan kebijaksanaan dan  menjadi tempat yang tepat untuk mencari nasehat.  Tetapi tidak jarang ada orang yang ketika mendengar kata tuaa artinya orang yang sudah tidak berguna, tidak dapat berbuat apa-apa dan hanya bisa merepotkan saja. Karena itu tidak jarang juga ada orang-orang yang sebenarnya secara usia sudah termasuk tua, namun terkadang tidak mau dikatakan tua bahkan sering menunjukkan perilaku seperti yang dilakukan oleh orang-orang muda, seperti misalnya menjaga penampilan secara fisik (rambut dibuat tetap hitam, operasi plastik untuk menghilangkan keriput, berdandan seperti anak-anak muda, dan sebagainya)

Kendatipun demikian, masih banyak juga orang-orang tua yang secara sukacita menerima kondisinya. Untuk orang-orang tua yang bisa menerima kondisinya biasanya bisa hidup lebih berbahagia dan berguna bagi lingkungan disekitarnya.

Tipe-tipe manusia lanjut usia.
Ada beberapa tipe manusia usia lanjut yang bisa ditemui dalam kenyataan hidup sehari-hari.
Pertama: Tipe optimis, santai dan riang (The rocking chair man).
Tipe ini bisa lebih menikmati hidup dan kemungkinan besar berumur panjang. Biasanya orang tua bertipe ini temannya banyak bahkan temannya termasuk juga orang-orang muda. Mengapa demikian? karena orang tua seperti ini akan banyak disukai oleh semua orang. Mereka akan menjadi panutan dan sumber saran ketika banyak orang hendak mengambil keputusan. 

Kedua: Tipe militan dan serius (The armored man)
Tipe ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki jabatan dalam pekerjaan.

Ketiga: Tipe pemarah dan frustasi ( The angry man)
Kedua tipe ini saling berkolaburasi. Biasanya bila keinginannya tidak dipenuhi maka akan marah dan akhirnya frustasi (mutung). Tipe ini akan menyebabkan temannya sedikit. Bisa jadi bahkan anggota keluarganya sendiri akan memilih untuk menjaga jarak dengan orang-orang seperti ini.

Keempat : Putus asa, pembenci diri dan ingin mati.
Tipe ini dimiliki oleh para lansia yang punya kehidupan sulit, luka hati, kekecewaan, meresa tidak dikasihi dan diterima.

Masa tua, masa yang tidak mudah.
Memang tidak mudah untuk memasuki masa usia lanjut, namun suka atau tidak suka, kondisi ini akan dialami dan harus diterima.  Pada dasarnya kehidupan manusia itu sama, bisa mengalami masa naik ataupun turun ( seperti gambaran gunung), demikian juga masa usia lanjut juga bisa mengalami konndisi naik dan turun, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial. Bahkan saat memasuki usia lanjut ada banyak hal yang dirasakan hilang dari kehidupannya ( pekerjaan, teman kantor, dll), namun sebenarnya kalau kita mau mencermati, sesuatu yang dianggap hilang itu tergantikan oleh banyaknya waktu yang kita dapat untuk bersama dengan  keluarga dan didapatnya sahabat-sahabat baru yang tercipta dalam  setiap pertemuan baru. Jadi sebenarnya memasuki usia lanjut bukanlah hal yang mengerikan, karena kita tetap berarti dan berguna baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

 Yang bisa dilakukan oleh para lansia.
Ada banyak tugas yang bisa dilakukan oleh kaum usia lanjut untuk mengisi hari-hari pemberian Tuhan dan hal itu sangat berguna. Berikut beberapa hal yan bisa dilakukan oleh para usia lanjut yaitu:
1. Menjadi penasehat (  Titus 2:2-5).
2. Hidup menjadi berkat ( Maz 92:15)
3. Tetap aktif sehingga tidak menjadi beban keluarga ( 1 Tim 5:3-4).
4. Mencari kesempatan baru. Menambah pengetahuan dengan membaca, mengikuti seminar ringan, menyalurkan hobby, mencari sahabat baru.
5. Meningkatkan kehidupan iman (Fil 1:18-21). Dengan  tetap menjaga kualitas hidup iman bahkan semakin meningkatkannya,  maka setiap orang usia lanjut  dapat  menjadi teladan bagi kaum muda. Bahkan karena keterbatasan fisiknya tidak membuat kaum usia lanjut undur dari setiap kegiatan rohani bahkan mereka bisa menjadi orang yang terdahulu hadir dalam setiap kegiatan persekutuan yang ada.
Ditempat tidurpun saat kondisi tidak bisa berbuat apa-apa sebenarnya masih ada yang bisa dilakukan yaitu mendoakan anak, cucu, sahabat, gereja dan bangsa.

Penutup:
Jadi kalau kita perhatikan sebenarnya memasuki usia lanjut  bukanlah masa yang mengerikan, sama dengan saat muda.Hanya bergeser saja aktifitas dari yang berat bergeser ke yang lebih ringan. Namun untuk hal tanggungjawab sama, bahkan harus menjadi teladan. Semakin orang bisa menerima kondisinya, maka pastilah dia bisa menghasilkan banyak hal yang positif dan berguna. Jadi sebenarnya menjadi tua adalah bagian bagian dari berkat dan bisa menjadi berkat untuk sesama. Seperti kata firman Tuhan, " Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar.

LINK INFORMASI PENTING
29 BAHAN KHOTBAH IBADAH NATAL
29 BAHAN KHOTBAH PEMBERKATAN NIKAH 

1 komentar:

  1. Sangat menginsfirasi terutama bagi orang-orang yang hendak memasuki masa lansia. Terima kasih !

    BalasHapus