Selasa, 28 Maret 2023

DOA YABES

 Nats Alkitab :
1 Tawarikh 4:9-10


Pendahuluan
1 Tawarikh 4:9-10, “Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan." Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.”

Hari ini kita akan merenungkan bersama-sama kebenaran firman Tuhan tentang seorang tokoh pria yang tercatat dalam Alkitab yaitu Yabes.

Siapakah Yabes?

Nama Yabes berasal dari bahasa Ibrani yang berarti: Penderitaan atau Kesakitan.
Nama Yabes diberikan oleh ibunya sebab  katanya: aku telah melahirkan dia  dengan kesakitan.
Namun kehidupan Yabes menjadi contoh  dari seseorang yang tidak baik menjadi  baik, dari seseorang yang tidak terkenal  menjadi terkenal dan sukses.
Yabes tinggal di Israel Selatan
Alkitab mencatat Yabes lahir dalam  keturunan Yehuda, dan suku ini terkenal.
Nama Yabes diberi ibunya karena dia melahirkan dengan kesakitan

Mengapa?
-  Mungkin melahirkan dengan traumatis
-  Bayi lahir sangsang.
-  Kesakitan bersifat emosional.
-  Melahirkan tanpa ada sang ayah.|
-  Lahir dengan kesakitan ekonomi.

Tidak ada satupun orang tahu dengan jelas apa penyebab ibu Yabes menderita kesakitan. Hanya Tuhan saja yang tahu.
Yabes bertumbuh menjadi dewasa dan mungkin dia ditolak keluarga, diolok-olok teman-teman atau juga dibenci teman-teman.
Yabes mungkin memiliki beban yang berat ketika masih muda dan tanpa harapan akan masa depan.
Yabes bertumbuh sebagai anak Israel yang juga mendengar tentang Allah Israel yang membebaskan orang Israel yang mengalami perbudakan di Mesir dan membawa ke negeri yang dijanjikan Allah yaitu Kanaan yang penuh susu dan madu.
Setelah menjadi dewasa Yabes percaya dengan sungguh-sungguh berharap kepada Allah Israel sanggup membuat mujizat dalam hidupnya.

4 Hal yang penting dari doa Yabes

1. Memberkati aku berlimpah-limpah
Yabes sungguh-sungguh menyadari bahwa hanya ada satu pribadi yang sanggup menolong dan memberkati hidupnya.
Dengan prinsip Alkitab ini maka Yabes meminta lewat doanya kepada Allah supaya memberkati hidupnya dengan berlimpah-limpah.
Amsal 10:22, “Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya susah payah tidak akan menambahinya.”
Kalau kita meminta berkat Tuhan, kita bukan meminta lebih banyak akan apa yang bisa kita peroleh untuk diri sendiri
Tuhan memberkati kita berlimpah-limpah bukan harta dan materi saja tetapi kita berlimpah-limpah dalam kasih, iman, dan damai sejahtera.
Beda berkat kekayaan dan berkat kelimpahan

2. Memperluas daerahku
Artinya Yabes ingin punya pengaruh yang lebih besar, punya tanggung jawab dan kesempatan lebih untuk memperbesar nama Allah.
Tuhan sanggup memperluas daerah, bisnis, pekerjaan, pelayanan. Sehingga kita punya pengaruh di daerah di mana Tuhan tempatkan.

3. Tangan-Mu menyertai aku
Yesaya 41:10. “Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”
Matius 28:19-20, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Betapa pentingnya penyertaan Allah dalam kehidupan kita, sebab penyertaan Allah itulah kunci kemenangan dan keberhasilan kita.
Mazmur 108:14, “Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak j  para lawan kita.”

4. Melidungi aku dari malapetaka
Yabes meminta kepada Tuhan supaya malapetaka, kesakitan dan penderitaan tidak menimpanya.
Dunia dimana kita hidup adalah dunia yang rawan dan penuh dengan bencana dan malapetaka.
Itu sebabnya kita harus senantiasa berdoa sebagaimana Yabes berdoa kepada Tuhan, supaya Tuhan meluputkan dari segala malapetaka.
Mazmur 91:3, “Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.”


Penutup
Yabes menunjukan kepada kita bahwa meskipun dia diberi nama oleh karena penderitaan ibunya, akan tetapi hal itu tidak menghalangi dia untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik yang pantas dia peroleh.
Tuhan lebih dari sanggup untuk melakukan lebih daripada apa yang kita bayangkan.
Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil (Lukas 1:37)

0 komentar:

Posting Komentar