Rabu, 05 Juli 2023

SUNGGUH BESAR ANUGERAH ALLAH BAGI KITA

 Ayat Pokok:
Efesus 1:1-14

Pendahuluan
Setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, harus memiliki pemahaman bahwa Allah Bapa telah memberikan berkat kepada kita melalui karya Yesus Kristus.
Berkat yang dimaksud tentu bukan semata-mata berkat jasmani, terapi terlebih lagi berkat rohani.
Jika kita memiliki kesadaran bahwa di dalam Kristus posisi kita sangat luar biasa, maka perjalanan kita ke depan tidak akan pernah sama lagi. 

Apa yang kita miliki sebagai orang yang dibernarkan-Nya?
1. Kekayaan rohani dalam Kristus
Efesus 1:13

Segala berkat rohani adalah hal yang menjadi bagian kita sebagai orang-orang percaya yang dipilih oleh Bapa Sorgawi.
Itu berarti di dalam Kristus, kita adalah orang-orang yang kaya akan segala berkat sorgawi.
Jika kita adalah orang yang diberkati, maka mindset atau mentalitas kita tentu akan berubah dan menyesuaikan dengan fakta ini.
Mentalitas kaya akan diikuti sikap hidup dalam kemurahan hati, sedangkan mentalitas miskin selalu ingin mengambil dan menerima.

2. Keselamatan di dalam Kristus
Efesus 1:4
Efesus 1:7
Anugerah dalam Kristus menjadikan kita sebagai  orang-orang yang dipilih untuk ditebus oleh darah Kristus yang mahal. Artinya, kita adalah orang-orang yang mendapat kemurahan Tuhan, sekaligus amat berharga bagi-Nya. 

Untuk kita yang berdosa, Ia rela mati di atas kayu salib untuk menebus (membeli) kita menjadi milik-Nya. 

Hal ini membuat kita tidak lagi memiliki keraguan soal keselamatan kekal kita di dalam Kristus, karena dasarnya jelas bukan karena kebaikan dan perbuatan kita; melainkan karena anugerah-Nya

3. Jaminan dalam Kristus
Efesus 1:13-14
Agar keraguan kita akan posisi kita di dalam Kristus pudar, Ia telah memberikan Roh Kudus di dalam kita sebagai jaminan. 

Ayat-ayat itu menyebut bahwa Roh Kudus adalah materai (tanda kepemilikan yang sah) yang diberikan bagi setiap kita yang dipilih Bapa dan ditebus oleh Kristus. 

Yang menjadi jaminan bahwa posisi kita di dalam Kristus begitu kuat, adalah karena Roh-Nya sendiri yang dimateraikan di dalam kita. Jaminan Roh-Nya itu adalah jaminan pasti!

Penutup
Setiap kita adalah orang berdosa yang tidak layak dihadapan Allah. Akan tetapi karena kasih karuniaNya yang besar, Allah memberikan berkat-berkat sorgawi bagi kita melalui karya Tuhan Yesus Kristus sehingga mengucap syukur selalu menjadi bagian hidup orang percaya. 
Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan menunjukkan bahwa kita istimewa. Maka perlu untuk kita menjaga hidup kita terus berpadanan dengan kehendakNya.


0 komentar:

Posting Komentar