Rabu, 10 April 2024

GAYA HIDUP SEORANG WANITA KRISTEN

  Ayat Pokok:
1 Korintus 10:23-33

Pendahuluan
Selamat datang dalam ibadah wanita.
Renungan firman Tuhan kali ini dengan judul Gaya Hidup Seorang Wanita Kristen.
Sebagai orang percaya, kita harus memiliki gaya hidup yang berbeda dengan orang-orang lain. 
Roma 12:2 menulis, "janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah; apa yang baik , yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna."

Prinsip 3 K
Sebelum berkata-kata dan bertindak, kita harus memikirkan setidaknya 3 K , sebagaimana dapat kita simpulkan dari pembacaan kitab Suci pada saat ini

1. Prinsip Kegunaan (1 Korintus 10:23)- Apakah hal itu berguna?
Pernahkah kita menyadari.., bahwa seringkali kita melakukan kegiatan yang kita rasa tidak terlalu berguna atau sia-sia? Dan anehnya adalah semua kegiatan yang sia-sia itu menjadi kebiasaan yang terus menerus dilakukan. Misalnya sebelum tidur, mengecek social media sebentar ah…! Karena keasikkan, jadi lupa waktu, tidur menjadi larut malam, bangun kesiangan, telat kerja, dll. Selain tidur kurang, mata juga menjadi letih, stamina badan pun menurun, aktivitas hari itu pun terganggu.

Kegiatan atau hal yang sia-sia jika terus menerus dilakukan, maka akan menjadi satu kebiasaan baru kita, padahal dalam hati yang terdalam, kita tahu kebiasaan ini harus di stop. Sebenarnya tidak ada yang salah dalam bermedsos ria ataupun mengeksplor internet, kapanpun dan dimanapun, semuanya boleh, asal tidak mengganggu orang lain. Tetapi permasalahannya bukan boleh atau tidak boleh, melainkan apakah semuanya itu bermanfaat dan membangun? Apakah waktunya sesuai ? atau kah waktu yang kita habiskan hanya untuk bermedsos ria?

2. Prinsip Kontrukstif ( 1 Korintus 10:23)- Apakah hal itu membangun?
Masih banyak orang yang dalam perkataan, tindakan, maupun pengajaran tidak memperhatikan dampak dari tindakannya itu. Tidak mengherankan kalau dampaknya sama sekali tidak membangun, bahkan merusak.
Banyak yang pada akhirnya menghasilkan dampak : amarah, perselisihan, perdebatan, kebencian, dll.
Alkitab hari ini mengingatkan kita semua untuk memperhatikan perkataan, tindakan dan pengajaran kita agar berdampak MEMBANGUN orang lain. 
Perkataan dan  perilaku seorang pengikut Kristus tidak untuk menjatuhkan, menghakimi maupun melukai tetapi hanya untuk membangun rohani dan menuntun pada kebenaran.

3. Prinsip Kemuliaan Tuhan ( 1 Korintus 10:31)- Apakah hal itu mempermuliakan nama Tuhan?
Kita harus senantisa berjuang agar seluruh aspek kehidupan kita senantiasa mempermuliakan nama Tuhan. Salah satunya adalah melalui pikiran, perkataan dan tindakakan kita. 
Mari kita renungkan bersama-sama, Apakah  selama ini apa yang kita perbuat, sudah mempermuliakan nama Tuhan, atau sebaliknya bahkan mempermalukan nama Tuhan?

Penutup
Mari kita pethatikan ketiga prinsip di atas, sehingga dari kehidupan kita akan terpancar kecantikan rohani. Dengan memperhatikan prinsip-prinsip di atas, maka gaya hidup kita akan berkenan kepada Tuhan.

0 komentar:

Posting Komentar