Sabtu, 08 Maret 2014

AYUB SEORANG ANAK TUHAN YANG DIBERKATI

Ayat Pokok: Ayub 42:10-16
Judul : Ayub Seorang Anak Tuhan Yang Diberkati

Pendahuluan
Tentunya setiap kita merindukan satu kehidupan yang diberkati Tuhan. Dalam hal ini, berkat tidak hanya dipahami sebagai berkat secara materi atau jasmani semata-mata. Beberapa orang perpandagan bahwa ketika orang mengalami sakit-sakitan, yang mengalami kegagalan, bencana-demi bencana, berkekurangan, maka orang seperti ini adalah orang yang tidak diberkati?

Benarkah demikian?
Kitab Ayub memebrikan jawaban. Kisah Ayub memberikan pencerahan bahwa ternyata pandangan seperti itu bisa keliru. Dari kisah Ayub kita bisa belajar bahwa penderitaan bukanlah pertanda bahwa hidup kita tidak diberkati Tuhan. Demikian juga sebaliknya bahwa, kesuksesan hidup dan kecukupan materi bukanlah satu-satunya indikasi kehidupan yang diberkati.

Jadi tentunya kita sepakat dengan kebenaran firman Tuhan bahwa Ayub adalah seorang yang diberkati Tuhan

Rahasia Ayub Menjadi Anak Tuhan YangDiberkati Tuhan
Ada 3 ( tiga ) rahasia yang membuat Ayub menjadi seorang anak Tuhan yang diberkati Tuhan. Mari kita perhatikan hal itu satu-persatu.

Pertama, Ayub Memilih untuk hidup bergaul dengan Tuhan
Sejak muda, Ayub sudah dikenal sebagai orang yang selalu bergaul karib dengan Tuhan.
Ayub1:1 menulis kesaksian tentang Ayub bahwa ia mempunyai kehidupan rohani yang bekualitas. Disamping itu juga dicatat bahwa Ayub mempunyai bisnis yang bagus, serta kehidupan keluarga yang berbahagia.

Nama Ayub artinya dia yang menangis, dia yang dibenci atau dianiaya.Dari arti namanya, seharusnya Ayub  adalah orang yang dirundung malang, penuh dengan duka, derita dan airmata. Namun nampaknya dalam Ayub 1:1, Ayub  sudah mengalami pemulihan dan perubahan.
Ayub1:5
Ayub 29:4-5

Kedua: Ayub seorang yang suka memberkati
Ayub 29:12-15
Prinsip Ayub dalam hal materi( Ayub 1:21 )
Hati Ayub terpaut pada Tuhan ( Ayub 31:24-25 )

Ketiga, Ayub Menang Dalam Ujian Iman
Ayub 1:1, 21, 2:10 ) - Ayub menang dalam ujian dan tidak berbuat dosa
Ayub tahu benar maksud Tuhan mengijinkan penderitaan ( Ayub 23:10 )


Penutup
Bagaimana dengan kita?
Mari kita mau belajar seperti Ayub yang salalu rindu bergaul dengan Tuhan, Suka berbagi berkat dan kat dalam menghadapi ujian iman.
Roma 8:28


Seri: KETELADANAN KEHIDUPAN AYUB

  • Ayub Seorang Anak Tuhan Yang Diberkati
  • Memperoleh Berkat Yang Luar Biasa dari Penderitaan
  • Ketekunan Ayub
  • Mataku Tertuju Kepada-Mu
  • Mengenal Allah Melalui Pengalaman
  • 10 Teladan Hidup Ayub
  • Belajar Dari Ayub
  • Kesalehan Ayub

4 komentar:

  1. sebaiknya dibuat renungan pasal per pasal agar lebih jelas di pisahkan. contoh pasal 1 tentang apa intinya berbicara tentang apa dan selanjutnya.

    BalasHapus
  2. Trimah kasih, renungannx uda memberikan pencerahan bagi saya dan semua yg mendengarnx. sekedara masukan saya apa ada renungannx dari kitab tersebut yang tafsirannx per ayat contohnx seperti kitab ayub pasal 1 : 1-5 jadi penafsirannx/penjelasannx dari ayat 1 menjelaskan tentang apa kemudian ayat 2 dan ayat selanjutnx sampai ayat 5 sehingga penjelasannx pada ayat2 ini dapat di pisah pisahkan. trima kasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih sangat memberkati dan menguatkan saya pribadi ketika Tuhan ijinkan masalah terjadi dalam hidup saya. Ayub orang yang saleh tidak lepas dari ujian apalagi saya masih jauh hidup seperti ayub. Saya mau belajar bersyukur dan saya mengerti kalau hidup penderitaan kebahagiaan yang saya alami semua milik Tuhan.

    BalasHapus
  4. terima kasih sya sungguh di berkati dengan keberan firman tuhan tentang ayub ini.

    BalasHapus