Sabtu, 08 November 2014

365,52,12

Ayat Pokok:  Mazmur 90:12

Jumlah hari dalam satu tahun adalah 365, jumlah minggu dalam satu tahun adalah 52,dan jumlah bulan dalam satu tahun adalah 12. Angka-angka ini seharusnya menyadarkan kita, betapa pentingnya kita mengevaluasi diri di akhir tahun. Jumlah hari, minggu, dan bulan dalam satu tahun, tidaklah sedikit, terlebih lagi bila kita menghitung jumlah jam, menit dan detik yang sudah kita lewati sepanjang tahun 2014 ini.

Dihari penghuhung tahun, biasanya orang-orang sibuk, mempersiapkan pesta tutup tahun, dan pesta menyambut tahun baru. Hal ini sangat berbeda dengan kebiasaan keluarga Pak Karta. Pak Karta selalu mengajak seluruh keluarga yang intinya untuk berkumpul bersama setiap akhir tahun. Tentu bukan sekedar berkumpul,lalu makan-makan, namun keluarga Pak Karta selalu memanjatkan doa setiap akhir tahun,  sekaligus masing-masng anggota keluarga mengevaluasi diri! Mereka sadar bahwa mereka bukan manusia yang sempurna, sehingga mereka harus mengevaluasi diri, supaya ditahun yang baru, mereka dapat hidup lebih bijaksana.

Firman Tuhan hari ini mengajarkan kepada kita untuk dapat menghitung hari-hari sehingga kita beroleh hati yang bijaksana. Kata "menghitung", didalam Mazmur 90:12 ini, dalam bahasa Ibraninya adalah" manah" yang artinya memiliki makna;menimbang mempersiapkan, dan mengatur. Ini adalah doa Musa. Jadi, kebijaksanaan dapat diperoleh dengan cara mengevaluasi diri, karena dengan mengevaluasi diri berarti kita sedang menimbang, mempersiapkan, serta mengatur kehidupan untuk hari esok. Fungsi dari mengevaluasi diri ada;ah menyadarkan ha-hal yang pernah kita perbuat, baik yang disengaja maupun yang tidak disengja, khusunya selama tahun2014

0 komentar:

Posting Komentar