Sabtu, 15 November 2014

KASIH YANG MENYATUKAN

RANCANGAN KHOTBAH IBADAH RAYA GPdI IMMANUEL KRENGSENG
Minggu, 15 November 2014

Ayat Pokok: Mazmur 133:1-3

Pendahuluan
Tema khotbah kali ini adalah " Kasih Yang Menyatukan". Sebagai anak-anak Tuhan, kita harus saling mengasihi ( Yoh 15:12). Salah satu bukti kasih itu adalah kita mau hidup rukun satu dengan yang lain. Pemerintah sangat memperhatikan kerukunan. Itu sebabnya di setiap lingkungan dimana kita tinggal, ada istilah Rukun Tetangga atau RT dan Rukun Warga atau RW.  Ketika pemerintah membuat RT dan RW tentu dengan satu niat untuk membangun kerukunan diantara warga masyarakat, mulai dari yang lingkup yang terkecil.

Mengapa kerukunan itu penting?
Kerukunan menjadi satu perkara yang sangat penting, sebab bila masing-masing warga memiliki hubungan yang erat dan dekat, dan saling mengenal satu dengan yang lain, mereka bisa bekerjasama dan saling tolong menolong, sehingga tidak ada "gap" diantara mereka. Ada pepatah yang mengatakan bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh", atau dalam ada juga dalam bahasa Jawa" Crah agawe bubrah, rukun agawe  santoso". Kedua ungkapan ini menaggambarkan ada dampak, kuasa yang luar biasa dan ada sesuatu yang bermakna ketika ada persatuan dan kerukunan diantara umat manusia.

Alkitab menyatakan bahwa kerukunan itu merupakan sesuatu yang baik, indah dan memiliki nilai istimewa dimata-Nya. Sesuatu yang dapat menggerakkan hati Tuhan, sehingga Dia akan memberikan apa yang kita perlukan. " Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapaku yang di Sorga" ( Matius 18:19). Jadi hidup dalam kerukunan adalah kehendak Tuhan bagi kita sekalian, gereja dan umat yang telah ditebus-Nya. Dalam doaNya, Yesus berkata ".... supaya mereka menjadi satu, sama seperti Engkau ya Bapa didalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga didalam kita, supaya dunia percaya bahwa Engkaulah yang telah mengurus Aku." ( Yohanes 17:21). Jadi jemaat Tuhan harus selalu rukun dan bersatu. Jangan ada permusuhan, pertengkaran, kebencian, sakit hati dan sebagainya. Semua itu hanya akan menjadi penghambat berkat Tuhan tercurah bagi kita. Sebaliknya jika kita rukun dan bersatu, segala berkat akan dicurahkan Tuhan. " Sebab kesanalah Tuhan memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya".( Mazm 133:3 b)

Dalam setiap komunitas gereja, pasti banyak perbedaan, namun jangan sampai perbedaan itu membuat kita merasa tidak memerlukan orang lain dan menyepelekan mereka.

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan tentang kasih
Mari kita perhatikan beberapa hal yang perlu kita perhatikan tentang kasih.
1. Kasih adalah bukti iman kita kepada Tuhan
2. Kasih adalah ukuran cinta kita kepada Tuhan dan sesama
3. Kasih memerlukan pengorbanan dan kesiapan untuk taat.
4.Kasih  adalah alat kesaksian yang paling efektif ( Yak 2:14-17 )
   Ilutrasi: Seputar Pelayanan Gerakan Peduli Kasih dan Rencana Natal Gerakan Peduli Kasih dengan pembicara :Seorang Kyai yang penuh kasih kepada sesama

Penutup
Efesus 4:32" Hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu".

LINK PENTING



0 komentar:

Posting Komentar