Sabtu, 18 Juli 2015

SERI KHOTBAH: 24 SIFAT & KARAKTER YESUS. BAG.1 - YESUS PRIBADI YANG TEKUN BERDOA

SERI KHOTBAH:
24 SIFAT DAN KARAKTER PRIBADI YESUS
Bag. 1
YESUS PRIBADI YANG TEKUN BERDOA
Ayat Pokok: Mrk 1:35

Pendahuluan
Doa adalah kata yang tidak asing lagi ditelinga kita orang-orang percaya. Kita hampir setiap hari mendengar dan memperkatakan kata " doa" ini. Bahkan bagi banyak orang doa sudah menjadi kebutuhan yang harus dilakukan setiap saat.

Yesus adalah pribadi yang tekun berdoa. Seandainya Tuhan Yesus mempunyai seorang sekretaris untuk mencatat aktifitas-Nya setiap hari, maka kita akan menjumpai sebuah catatan penuh kesibukan doa. Pendek kata seluruh kehidupan Yesus diwarnai dengan doa. Betapa tidak, Alkitab mencatat," Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi keluar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa disana." ( Mrk 1:35). Ia berdoa pada waktu dibaptis . Ia berdoa pada saat dicobai. Ia berdoa sebelum sebelum memilih murid-murid-Nya, bahkan Ia berdoa ketika diatas kayu salib. Ini memperlihatkan bahwa Yesus memelihara persekutuan-Nya dengan Bapa di Sorga. Dan ini berarti pula betapa pentingnya doa bagi hidup pribadi seseorang.

Apakah doa itu?
Sebelum membahas tentang penggunaan kata " doa" didalam Alkitab, perlu diketahui terlebih dahulu definisi dari kata " doa" itu sendiri.
a. Menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia), " doa adalah suatu permohonan ( harapan, permintaan,pujian) kepada Tuhan.

b. Menurut Kamus Indonesia Seasite," Doa adalah permohonan untuk mengharap, memuji,meminta sesuatu kepada Tuhan.

Dalam Alkitab Bahasa Indonesia (TB),kata doa dan variannya muncul:
-Kata"doa" muncul 82 kali dalam 80 ayat.
-Kata "doa-doa" muncul 1 kali dalam Mazm 72:25
-Kata"doaku" muncul 25 kali dalam 25 ayat
-Kata "doamu"muncul 12 kali dalam 12 ayat.

Tuhan Yesus adalah pribadi yang tekun berdoa
Dengan kata lain, Tuhan Yesus adalah sang pendoa. Meskipun Dia Tuhan dan tahu bahwa doa-Nya selalu didengar oleh Bapa-Nya di Sorga ( Yoh 11:42), Yesus tetap tekun berdoa. Sebelum memulai karya-Nya, Tuhan Yesus selalu berdoa terlebih dahulu. Bahkan untuk memilih 12 murid-Nya, Tuhan Yesus mengawalinya dengan dengan berdoa semalam-malaman. Sesibuk apapun,harusnya kita sebagai pengikut Kristus, kita harus menyempatkan diri untuk selalu berdoa.

Beberapa kisah tentang Yesus yang setia berdoa

LINK PENTING

0 komentar:

Posting Komentar