Senin, 24 Agustus 2015

MENJADI PELAKU FIRMAN

Ayat Pokok:
Yak 1:22
"Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika kita tidak demikian kamu menipu diri sendiri".

Pendahuluan
 Kasus yang disoroti oleh Rasul Yakobus ini adalah kasus umum dan merupakan penyakit kronis yang menahun dan turun-temurun, penyakit yang lama, bukan saja terjadi sekarang-sekarang ini, tetapi sejak jaman Rasul Yakobus.

Menurut para penafsir ada yang setuju bahwa surat Yakobus termasuk bagian firman Tuhan dalam Alkitab yang ditulis rasul paling awal, sebelum surat-surat yang lain. Dan Yakobus sudah menyoroti bahwa hal ini sudah terjadi dalam kebaktian-kebaktian dan kehidupan jemaat Tuhan pada waktu itu

Salah satu ciri surat Yakobus adalah surat ini menyoroti hal-hal yang praktis. Tidak menguraikan hal-hal yang teologis dan dokrinal.  Hal ini berbeda dengan Rasul Paulus misalnya. Yakobus lebih mengangkat hal-hal yang praktis yang menjadi tuntunan hidup umat-umat Tuhan, seperti soal kekayaan, kemiskinan,  goadan-godaaan, kebijaksanaan, pertengkaran,  keangkuhan, kerendahan hati, kesabaran dan doa.

Khusus dalam Yak 1:22 ini Rasul Yakobus ingin menyampaikan bagimana iman itu harus dipraktekkan secara nyata.

Pernah juga disampaikan oleh Tuhan Yesus 
Tuhan Yesuspun pernah menyampaikan hal ini, bagaimana kita harus menjadi pelaku firman dan bukan saja senang mendengar firman.
Lukas 11:27-28
" Ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: " Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau.". Tetapi Ia berkata: " Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya".

Tuhan Yesus menekankan bahwa kebahagiaan yang utama adalah mendengar firman Allah. Dan kebahagiaan yang lebih utama adalah melakukan firman Allah.


LINK PENTING


0 komentar:

Posting Komentar