Selasa, 30 Mei 2017

ROH KUDUS PENOLONG DALAM KELEMAHAN KITA



Ayat Pokok:
Roma 8:26

Pendahuluan
Dalam kehidupan, seringkali kita diperhadapkan dengan berbagai masalah dan tantangan. Ayub bahkan menggambarkan kehidupan manusia seperti orang yang sedang perang."Bukankan manusia harus bergumul di bumi, dan  hari-harinya seperti  orang upahan." ( Ayub 7:1).
Dalam Terjemahan Lama  ayat ini ditulis," Bahwasanya hal manusia di atas bumi ini seperti orang perang adanya dan hari hidupnyapun seperti hari orang upahan ". Seringkali bahkan kita merasa tidak berdaya, karena beratnya penderitaan yang ada. Kita bahkan bisa mengibaratkan diri seperti buluh yang terkulai, yang tidak ada daya lagi. Apa yang bisa kita perbuat bila mengalami penderitaan yang sedemikian berat?

Ingatlah, jangan pernah kehilangan pengharapan. Ada Tuhan yang tidak penah meninggalkan kita. Ia ada senantiasa bersama-sama dengan kita.

Roh Kudus penolonng dalam kesesakan.
Ada janji Tuhan bagi kita, disaat kita merasa tidak berdaya, ada Roh Kudus yang akan membantu kita memulihkan kekuatan dan membangkitkan pengharapan. Roma 8:26 mencatat "Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan".

Ayat sesungguhnya menjadi kekuatan bagi kita. Ketika Roh Kudus memenuhi kehidupa kita, percayalah bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan  bersama dengan Tuhan.  Ingat, Roh Kudus akan membantu kita dalam doa. Roh Kudus adalah perantara doa-doa kita. Roh Kudus bersyafaat untuk kita.  Bukankah ini hal yang luar biasa?

Mungkin sering terjadi, karena beratnya masalah yang menimpa kita, membuat kita tidak mampu mengeluarkan kata-kata. Yang bisa kita lalukan mungkin hanya menangis, menangis menangis. Tapi percayalah Tuhan tahu semua bahasa tetesan air mata kita. Dan Tuhan pasti akan bertindak menolong kita tepat pada waktunya.

Roh Kudus akan memampukan kita memahami rencana Tuhan dalam hidup kita
Selain memberikan kekuatan dan membantu kita saat dalam kelemahan, Roh Kudus juga akan memampukan kita untuk dapat memahami maksud dan rencana Tuhan dalam kehidupan kita. Kalau tidak karena Roh Kudus, bisa jadi, ketika kita menghadapi masalah dalam kehidupan, kita akan salah mengerti. Salah mengerti, bisa berakibat kita salah dalam mengambil tindakan penyelesaian.  Mungkin kita berpikir bahwa itu jalan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah, justru akan menambah masalah.

Roh Kudus akan memampukan kita memahami bahwa semua yang Tuhan perbuat dalam kehidupan kita baik adanya. "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."( Roma 8:28). Sesungguhnya ada maksud Tuhan  dalam setiap apa yang terjadi dan kita alami. Seringkali kita tidak bisa menyelami maksud Tuhan dalam hal ini.  Tapi Roh Kudus akan membantu kita memahami rahasia ini.  Bahwa itu semua untuk kebaikan kita.

Kalau kita menyadari bahwa semua yang Allah perbuat itu untuk kebaikan kita, maka itu akan membuat kita mampu untuk tetap mengucap syukur, apapun yang terjadi."Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu."  
( 1Tes 5:18)
Dan itu semua hanya Roh Kudus yang akan memampukan kita.

Penutup
Betapa pentingnya Roh Kudus tinggal dan memenuhi kehidupan kita. Biarlah kita berikan porsi yang seluas-luasnya untuk Roh Kudus bekerja dalam kehidupan kita. Dengan demikian kita akan mampu menyadari bahwa sesungguhnya dalam segala penderitaan kita, Roh Kudus akan membantu kita dalam doa.Dan Roh Kudus juga yang akan memberikan kemampuan kepada kita, memahami kehendak Allah bagi kita.


0 komentar:

Posting Komentar