Kamis, 12 Maret 2015

SIAPAKAH FILEMON?

Filemon adalah warga kota Kolose. Arti namanya adalah" penuh kasih". Ia seorang yang terpandang dikota Kolose. Selain itu, ia membuka rumahnya sebagai tempat berkumpulnya jemaat-jemaat Kristen di kota Kolose untuk beribadah kepada Tuhan. Ia memiliki banyak budak.Salah satu budaknya bernama Onesimus. Arti nama Onesimus adalah " berguna".

Hubungan antara Filemon dengan Onesimus sempat kurang harmonis, karena Onesimus pernah kabur dari rumah Filemon dengan membawa serta harta benda Filemon. Ia lari ke kota Yerusalem. Entah mengapa, Filemon tertangkap dan kemudian dipenjarakan. Rupaya, di penjara inilah awal pemulihan hidupnya. Dipenjara ia sempat bertemu dan dilayani oleh rasul Paulus yang pada waktu itu juga dipenjara karena imannya kepada Kristus.

Paulus sempat membujuk Onesimus untuk kembali kepada Filemon, tuannya.  Paulus bahkan sempat menulis surat kepada Filemon yang intinya meminta supaya Filemon berkenan menerima kembali Onesimus. Paulus bahkan meminta Filemon untuk tidak menerima Onesimus sebagai budak lagi, tetapi sebagai kawan sekerja Allah, dan saudara dalam Tuhan.

Surat Filemon ini menjadi satu-satunya surat pribadi Paulus yang akhirnya masuk dalam kanon perjanjian baru. Memang ada surat kepada Timotius dan surat kepada Titus. Tapi kedua surat ini, isinya bukan mengenai hal-hal pribadi tetapi tentang doktrin dan pengajaran. Sedangkan surat Filemon menjadi satu-satunya surat pribadi Paulus yang memang berisi hal-hal yang bersifat pribadi.

Dalam surat Paulus kepada Filemon ini, Paulus ingin menekankan  tentang persamaan derajat semua orang. Selain itu Paulus ingin mengajarkan untuk setiap kita menerima orang lain tanpa memadang kesalahan dan kekuranagannya.

LINK PENTING

1 komentar: