Jumat, 11 Mei 2018

BERILAH DIRIMU DIPIMPIN ROH KUDUS

Ayat Pokok:
"Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup dibawah hukum Taurat."
(Galatia 5:18)
 
Pendahuluan
Segala yang yang terjadi dalam kehidupan kita, banyak dipengaruhi oleh siapa yang mengontrol dan memimpin kita. Jika setan yang mengontrol, menguasai atau memimpin kehidupan kita, maka sifat-sifat setan akan ada dalam kita, dan kita akan kesetanan. Kalau hidup kita dikuasai oleh uang, maka kita akan menjadi materialistis. Dan akau hidup kita dikuasai oleh nafsu, maka hidup kita akan  hedonis, egois dan hancur.

Sebaliknya, kalau hidup kita dipimpin dan dikuasai oleh Allahm maka hidup kita akan menyerupai Allah. Kalau hidup kita dikuasai oleh Roh Kudus, maka hidup kita akan berbuah Roh Kudus- Galatia 5:16-26. Oleh karena itu seorang Kristen sangat penting dan harus selalu dipimpin oleh Roh Kudus, agar menghasilkan keputusan yang tepat dan benar. Dengan demikian hidup kita akan menjadi berkat dan kemuliaan Tuhan dinyatakan dalam kehidupan kita.

Pentingnya hidup dipimpin oleh Roh Kudus.
Mengapa kita perlu hidup dipimpin oleh Roh Kudus?
1. Supaya dapat membedakan benar-salah dan baik-buruk.
Dipimpin oleh Roh Kudus adalah cara untuk dapat membedakan yang baik dan buruk, benar dan salah didalam menimbang untuk memutuskan suatu perkara dan bertindak atau berbuat terhadap sesuatu hal atau perkara. Ini menyangkut cara. Galatia 5:16-21.

Contoh: 
Ketika Salomo memutuskan masalah dua orang ibu yang memperebutkan seorang anak
(1 Raja-raja 3:25-28. Saat Yesus memutuskan untuk mau mati bagi dosa ketika berdoa di taman Getsemani (Matius 26:42)


2. Supaya dapat memiliki karakter seperti Kristus.
Orang Kristen yang dipimpin oleh Roh Kudus, akan menjadi orang Kristen yang baik, suci, memilik sifat baik, dan menjadi pemimpin yang berkarakter Kristus. Rasul Paulus menulis," tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menantang hal-hal itu."-Galatia 5:22-23.

3. Supaya dapat menang atas keinginan daging
Orang Kristen yang dipimpin oleh Roh Kudus, telah menyalibkan atau mengalahkan kehendak/keinginan daging. Rasul Paulus menulis," Barang siapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh"-Galatia 5:24-25. Seperti Paulus meninggalkan cara hidup yang lama. Kolose 3:7-8, 13-16.

4. Supaya dapat hidup dengan rendah hati.
Orang Kristen yang dipimpin oleh Roh Kudus akan menjadi orang Kristen yang rendah hati. Tidak gila hormat dan tidak sombong.penurut dan suka bersyukur, dan bukan iri hati (Galatia 5:26). Oleh sebab itu marilah kita. Oleh sebab itu marilah kita selalu menyerahkan hidup kita untuk selalu dipimpin oleh Roh Kudus, agar kita tidak tersesat dan menjadi penyesat. melainkan penuh penguasaan diri di dalam hikmat Tuhan dan  dapat menimbang serta memutuskan segala sesuatu dengan bijak dan dengan cara yang tepat.

Ingat, keputusan yang tepat, jika dilakukan dengan cara yang tidak salah, tetap saja akan menjadi masalah.

Penutup



0 komentar:

Posting Komentar