Jumat, 11 Mei 2018

CATATAN PERENUNGAN AYAT PER AYAT: KITAB KEJADIAN

Kejadian 3:6
"Perempuan itu melihat bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya, dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya."

1. Keinginan hampir selalu diawali dengan melihat. Hal ini yang terjadi pada Hawa.  Tadinya ia tidak tertarik dengan pohon pengetahuan yang ada di taman Eden. Namun, karena bujukan si ular licik, ia mulai melihat bahwa buah itu tampak sedap. Mungkin kemudian ia membayangkan dirinya sedang menikmati rasa buah itu. Karenanya ia mulai berpikir bahwa setelah ia memakan buah itu, ia akan menjadi sama seperti Tuhan. Akhirnya ia tergoda untuk  memetik dan memakan buah terlarang itu. Ia pun bahkan membujuk suaminya untuk ikut memakan buah tersebut.  Akibatnya Hawa dan suaminya  harus kehilangan kekayaan sejati yang sudah Tuhan anugerahkan atas hidup mereka.

Kisah ini menunjukkan betapa pentingnya bagi kita untuk menjaga apa yang kita lihat dan kemudian kita pikirkan. Setiap harinya kita diperhadapkan dengan berbagai pilihan. Seusai bekerja atau  disela-sela aktifitas wajib kita, kita bisa saja berselancar di internet, membaca buku,  ataupun menonton. Bahkan didalam semuanya itu terdapat bermacam pilihan. Apakah yang kita cari adalah berita terkini, hiburan, drama, atau hal-hal rohani. Tergantung dari apa yang sehari-hari kita lihat, pikiran kita akan terbentuk dan keinginan kita pun timbul.

Oleh karena itu belajarlah untuk lebih bijak dalam memilih apa yang kita lihat dan pikirkan. Itu sebanya juga, Tuhan memerintahkan kita untuk merenungkan firman-Nya siang dan malam.  Sampai pikiran dan juga keseharian kita dipenuhi perkara-perkara rohani. Semakin kita bergaul karib dengan Tuhan melalui perenungan firman, Tuhanpun akan menaruh ke dalam hati kita suatu kerinduan ilahi,  kelaparan roh , yang semakin besar setiap harinya.  Ketika keinginan kita selaras dengan kehendak Tuhan, maka sesuatu yang ajaib pasti terjadi. Terobosan terjadi dan kemuliaan Tuhan dinyatakan dalam hidup kita. Saat kita memilih yang terbaik dari semua yang baik, kita tidak akan pernah kehilangan penyediaan Tuhan yang terbaik dalam kehidupan kita.

0 komentar:

Posting Komentar