Rabu, 02 Mei 2018

MENGERJAKAN RENCANA KEUANGAN BERSAMA TUHAN

BACAAN HARI INI
Filipi 3:7-16

RHEMA HARI INI
Filipi 3:13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,

Saat kita hendak memilih seorang kepala, baik itu dalam dunia politik, dalam suatu organisasi, maupun lingkungan tempat tinggal, atau lingkungan pendidikan seperti ketua OSIS, biasanya akan diadakan kampanye terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar mereka dapat memperoleh dukungan terbanyak dalam pemungutan suara. Kegiatan yang digelar sebelum pemungutan suara ini berisi rencana-rencana dari calon kepala atau ketua yang berjanji akan merealisasikannya bila mereka terpilih. Visi-visi dan rencana yang terdengar luar biasa dan membawa kebaikan bagi banyak orang pun digaungkan. Namun, setelah mereka meraih kedudukan, seberapa banyak rencana dan janji yang menjadi kenyataan?

Sebelum Yusuf diangkat menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir (Kej. 41:41), ia pun menuturkan rencana-rencana yang harus dilakukan dalam menghadapi tujuh tahun masa kelimpahan dan tujuh tahun masa kelaparan yang akan dialami tanah Mesir (Kejadian 41: 25-36). Setelah dilantik oleh Firaun, bisa saja Yusuf tidak mewujudkan apa yang dikatakannya. Namun, ia menyadari bahwa semua itu berasal dari Tuhan, maka ia berkomitmen mengerjakannya. Akhirnya, Yusuf menjadi orang yang sukses mengelola kekayaan Mesir. Ia berhasil menyelamatkan Mesir, bahkan daerah-daerah lain di luar Mesir, dari kebinasaan akibat bencana kelaparan yang melanda seluruh bumi. 

Apa yang membuat Yusuf berhasil melebihi semua orang yang ada di sekitarnya? Jawabannya sederhana, Yusuf mengerjakan rencana-rencananya. Ia tidak terlena dengan masa kelimpahan yang sudah tidak terhitung jumlahnya. Ia terus berjuang memastikan semua rencananya berhasil. Bagaimana dengan kita, apakah kita juga memiliki rencana-rencana yang sudah kita bawa kepada Tuhan, tetapi belum ada hasilnya? Mari kita memperbarui komitmen kita untuk lebih sungguh-sungguh lagi mengerjakan rencana-rencana keuangan yang sudah kita buat bersama Tuhan. Besar kecilnya komitmen kita akan menentukan penyertaan Tuhan, berkat Tuhan, dan pengurapan Tuhan kepada kita selama berada di bawah sorga yang terbuka, sehingga rencana kita berhasil. 

RENUNGAN
AGUS SUSANTO, Kita perlu memiliki KOMITMEN BESAR untuk mengerjakan RENCANA YANG TELAH KITA BUAT BERSAMA TUHAN

APLIKASI
1. Sudah Anda memiliki rencana keuangan bersama Tuhan?
2. Menurut Anda, apa yang Anda dapatkan ketika Anda berkomitmen mengerjakan rencana keuangan Anda bersama Tuhan?
3. Komitmen apa yang dapat Anda ambil untuk mengerjakan rencana-rencana tersebut?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih untuk setiap berkat yang Engkau percayakan kepada kami. Ampuni kami, jika kami belum mengerjakan rencana keuangan kami dengan baik. Mulai saat ini, kami berkomitmen untuk mengerjakan rencana keuangan yang telah kami buat bersama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

0 komentar:

Posting Komentar