Minggu, 24 Maret 2024

HIDUP SEBAGAI ALAT KEBENARAN-NYA




 Ayat Pokok:
Roma 6:13-14

Pendahuluan
Selamat Paskah !
Paskah adalah hari kemenangan, Kemengan siapa? Kemenangan Kristus Yesus atas maut. Yesus yang mati di kayu salib itu, bangkit pada hari yang ketiga.Dia menang. Dia dapat menaklukkan dosa. Dan kemenangan inilah yang telah dianugerahkan kepada kita, sehingga kemenangan Kristus juga menjadi kemenagan kita. Yesus yang menderita, mati di kayu salib sudah bangkit dan hari ini kita memperingati peristiwa kebangkitan Kristus.

Oleh karena itu, hari ini kita harus bersukacita, dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan. Kita bisa merasakan dan menikmati kemurahan Tuhan yang luar biasa dalam kehidupan kita.
Tema Paskah PGI tahun 2024 adalah HIDUP SEBAGAI KEBENARAN-NYA.
Tema ini diangkat dari Roma 6:13-14,"Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. 14Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia."

Kitab roma adalah teologi penebusan Kristen yang paling lengkap dan tersusun rapi. Bahkan Marthin Luther mengajarkan bahwa surat Roma adalah intisari dari seluruh kitab Injil. Dalam surat Roma, kita menemukan  kekayaan akan pengorbanan Kristus, baik mulai dari penderitaan, kematian, sampai kepada kebangkitan-Nya, dihubungkan dalam kehidupan orang percya dan perjuangannya dalam menghadapi dosa.

Cara hidup dalam kebenaran
Bagaimana praktek nyata atau cara kita hidup dalam kebenaran?

 1. Menjadi pelaku-pelaku firman
Cara untuk kita hidup dalam kebenaran adalah dengan menjadi pelaku-pelaku firman.  Ukuran perkenanan kita kepada Tuhan, bukan dilihat dari berapa lamanya kita menjadi orang percaya, bukan dari berapa ayat yang sudah kita baca, tetapi dari sebarapa banyak fiman yang sudah masuk dalam hati kita dan kita memperaktekkan kebenaran itu dalam hidup sehari-hari.

2 Timotius 3:16-17, "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik."

Mari kita buka hati, agar Roh Kudus senanatisa memberikan kekuatan untuk kita dapat menjadi pelaku-pelaku firman.

2. Menghindari perbuatan-perbuatan dosa
 Roma 6:12-13, "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman.

3. Menjadi contoh atau teladan
Hidup orang percaya adalah surat Kristus yang terbuka. Alkitab berkata, "Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang. Karena telah nyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh loh batu, melainkan pada loh loh daging, yaitu di dalam hati manusia." ( 2 Korintus 3:2-3). Hidup kita harus  menjadi contoh dan teladan bagi semua orang. 

 Oleh karena itu, saat kita mau bertindak yang tidak benar kita harus berfikir dua kali. 
Dikatakan dalam Efesus 5:8-10, "Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran, dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan. " 

Sebagai surat Kristus, kita menyatakan apa yang menjadi pikiran dan perasaan Kristus yang membawa terang , bukan sesuatu yang provokatif  melainkan membawa damai, seperti yang Yesus katakan, “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga”. Matius 5:16

4. Menjaga kesucian hidup
Untuk dapat dipakai menjadi alat kebenaran-Ny, maka kita harus menjaga kesucian hidup. Artinya kita harus memisahkan diri dari hal-hala yang cemar dan bertentangan dengan firman Tuhan. Memang hal ini tidaklah mudah. Apalagi kita hidup di tengah dunia yang sudah cemar oleh dosa. Tetapi percayalah, bila kita senantisa memberi diri dipimpin oleh Roh Allah, maka kita akan dimampukan untuk menjaga kesucian hidup sehingga kita dapat hidup sebagai alat kebenaran-Nya.

Penutup
Selamat merayakan PASKAH.
Anugerah-Nya sungguh nyata dan luar biasa. 
PASKAH = Percaya Allah Sungguh Kita Akan Hidup
PASKAH= Pasti Aku Selamat Karena Allah Hidup

SEKILAS INFO
Dapatkan 1209 Materi Khotbah Powerpoint
dengan donasi Rp.99.000
Silakan hubungi kami via WA
Atau Klik


0 komentar:

Posting Komentar