Senin, 01 Agustus 2016

KEMENANGAN BAGI ORANG PERCAYA


Ayat Pokok:
"Bukan, tetapi Akulah panglima Balatentara Tuhan. Sekarang Aku datang."
(Yosua 5:14)

Pendahuluan
Bagi bangsa Israel, kota Yerikho adalah salah satu penghalang untuk mencapai tanah perjanjian. Tembok kota Yerikho demikian kokoh. Kota Yerikho didirikan pada tahun 9600 SM dan berada di dekat sungai Yordan di Israel. Kota Yerikho merupakan distrik militer Paletina pada waktu itu sehingga sudah pasti diperlengkapi dengan prajurit-prajurit pilihan dan benteng yang kuat sebagai pertahanan. John Garstang , seorang ahli dalam ilmu purbakala (arkeolog) Inggris (1876-1956), menemukan reruntuhan tembok Yerikho yang dalam penelitian yang ia lakukan pada selang waktu 1930-1936. Kemudian antara tahun 1952 - 1958, Kathleen Kanyon ( arkeolog Inggris),  juga menemukan kembali tembok bagian dalam kota Yerikho. Dari penelitian ini ditemukan bahwa tembok kota Yerikho terdapat dua lapis yaitu lapis dalam dan luar. Hal ini membuktikan betapa kuatnya pertahanan kota Yerikho.

Dalam penelitian juga ditemukan bahwa konstruksi tower pada tembok itu terdiri atas 22 anak tangga yang diameter dasarnya sekitar 9 meter, dan diameter bagian atasnya sekitar 7 meter, dengan dinding sekitar 1, 5 meter tebalnya. Dari sini kita bisa membayangkan bagaimana kuat dan kokohnya tembok kota Yerikho.

Tembok Yerikho adalah gambaran masalah yang besar yang sedang dihadapi oleh  Yosua dan orangporang Israel pada waktu itu. Namun kita tahu bahwa akhirnya oleh pertolongan Tuhan, Yosua dan seluruh bangsa Israel pada waktu itu dapat meruntuhkan tembok Yerikho dan mengalahkan penduduk Yerikho.


Kunci Kemenangan Orang Percaya
Apa yang menjadi kunci kemengan Yosua dan orang Israel pada waktu itu?


1. Yosua melakukan tepat seperti yang diperintahkan Tuhan.
Tuhan memerintahkan kepada Yosua dan bangsa Israel untuk mengelilingi tembok Yerikho 1 kali sehari selama 6 hari. Tetapi pada hari yang ke 7, kelilingi sebanyak 7 kali. Tuhan juga memerintahkan kepada para imam untuk ada dibarisan terdepan dan  membawa sangkakala serta tabut perjanjian. Selama berjalan 6 hari, tidak ada seorangpun yan boleh berkata sepatah katapun, tetapi pada hari yang ketujuh nanti bersorak-sorailah. Dan Yosua beserta seluruh orang Israel melakukan tepat seperti yang Tuhan perintahkan. Ketaatan mereka membuahkan mujizat yang dahsyat dan kemenangan yang hebat.

2. Sedikit bicara, banyak berdoa ( puasa perkataan).
Israel terkenal sebagai bangsa yang suka bersungut-sungut. Tetapi ketika mereka menghadapi tembok Yerikho mereka mentatati perintah Tuhan untuk tidak mengeluarkan suara sedikitpun saat mengelilingi tembok Yerikho pada hari yang pertama sampai ke enam. Baru nanti pada hari yang ketujuh, mereka diperintahkan untuk bersorak-sorai. Dari sini kita lihat betapa perkataan itu sangat menentukan keberhasilan atau kesuksesan yang akan kita dapatkan.

Zig Ziglar pernah berkata," Saya belum pernah bertemu dengan orang sukses yang tidak menjaga perkataan-Nya.

"Bibir yang benar, dikenan raja dan orang yang berbicara jujur dikasihi-Nya." ( Amsal 16:13)

"Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang." ( Amsal 16:24).

3. Utamakan Tuhan
Orang-orang Israel mengutamakan Tuhan dan taat kepada firman-Nya, walaupun apa yang Tuhan perintahkan seolah-olah tidak masuk akal. Tapi mereka belajar untuk mengutamakan Tuhan dan melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Hasilnya kemenangan mereka dapatkan.

4. Gaya hidup bersorak memuji Tuhan
Gaya hidup memuji Tuhan perlu terus kita lakukan dalam segala keadaan untuk membuktikan kepada dunia, bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang hidup. Apapun keadaan kita, seberat apapun masalah yang sedang kita hadapi. Bersoraklah !, Besryukurlah ! karena tembok besar yang kuat dan megah, sudah diserahkan Tuhan kepada kita, dibawah kaki kita. Kita sudah menang, karena Tuhan yang memberi kepada kita kemenangan.

Penutup
Ketika dalam permasalahan yang berat, mari kita mau tetap melakukan kebenaran firman Tuhan, banyak berdoa dan mengandalkan Tuhan, selalu mengutamakan Tuhan serta terus memuji Tuhan. Percayalah, kemenangan sudah Tuhan berikan.

LINK INFORMASI PENTING




0 komentar:

Posting Komentar