Jumat, 05 Agustus 2016

TIADA KEMUNAFIKAN

Ayat Pokok:
"Kata Filipus kepadanya:Mari dan lihatlah! Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel yang sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!"
(Yohanes 1:47)

Pendahuluan?
Dari dua belas murid Tuhan Yesus, ada satu hal yang sangat menarik yang diperkatakan oleh Tuhan Yesus kepada Natanael, satu diantara kedua belas murid-Nya. Tidak pernah Yesus berkata " Lihat, inilah seorang Israel yang sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya", kecuali hanya kepada Natanael. Yesus mengatakn hal ini bukan sekedar asal bicara, tetapi tentu ada hal-hal yang memang dapat menjadi alasan yang kuat untuk Tuhan Yesus mengatakan hal ini kepada Natanael.

Siapakah Natanael? 
Dari dua belas nama murid Tuhan Yesus yang tertulis dalam Matius 101-4, disana tidak ditemukan nama Natanel. Tetapi para ahli berpedapat bahwa yang ditulis oleh Matius sebagai Bartolomeus oleh Matius, itulah yang ditulis oleh Yohanes dalam nama asli  Yahudi yaitu Natanael. Kalau Bartolomeus mempunyai arti, anak Bartolmay,

Maksud Perkataan Yesus.
Mengapa Yesus  Yesus menyatakan hal ini? Pertama, Yesus sedang memberikan pelajaran kepada kita bagaimana kita berkata-kata yang positif tentang orang lain. Tentu saja Tuhan Yesus tidak sedang berpura-pura memuji Natanael, tetapi memang dimata Tuhan Yesus, Natanael adalah orang yang tidak ada kepalsuan. Natanael adalah orang yang apa adanya, tidak mau bersandiwara dan selalu tampil apa adanya. Sekalipun Natanael sempat meragukan Tuhan dengan perkataan " Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nasaret?" Jaman itu Nasaret adalah sebuah dusun kecil diwilayah Galiea, yang tidak terkenal. baru setelah banyak kisah-kisah terjadi di tempat itu, maka desa itu menjadi terkenal. Itu sebabnya tidak heran kalau Natanael meragukan hal ini. Dan  hal itu diketahui oleh Tuhan Yesus. Yang luar biasa Tuhan Yesus memuji Natanael yang sempat menyampaikan keragu-raguannya kepada Filipus saudaranya. Puji Tuhan perjumaan pribadinya dengan Tuhan Yesus, mengubah keragu-raguannya dan ia berkata " Rabi, Engkau Anak Allah. Engkau Raja orang Israel".

Teladan apa yang kita dapat dari hal ini? mari  kita tidak mudah untuk memperkatakan hal-hal yang negatif tentang orang lain. Sekalipun kita tahu ia punya kekurangan dan kelemahan, tapi mari kita lihat hal-hal yang postif dalam diri orang itu.

Yang kedua kita lihat, bahwa Natanael adalah orang yang rajin merenungkan Taurat Tuhan. Hal itu terbukti dari perkataan Tuhan Yesus, dimana Tuhan Yesus sedang ada di bawah pohon ara. Natanael sedang belajar kitab Taurat.

LINK PENTING

0 komentar:

Posting Komentar