Sabtu, 10 Juni 2017

RUNTUHNYA TEMBOK BESAR CHINA




Siapa yang tidak tahu Tembo Besar China ( The Great Wall)? Tembok ini dibangun dengan tujuan untuk membendung musuh agar tidak bisa masuk menyerang China. Sejarah mencatat, tembok yang kokoh itu memang tidak bisa ditembus oleh musuh-musuh secara langsung, tetapi ternyata musuh-musuh masih bisa  masuk menyusup dengan jalan menyuap para penjaga tembok sehingga bisa memporak-porandakan apa yang seharusnya terlindung dibalik tembok. Konon, pasukan musuh sudah berusaha sampai tiga kali untuk menyerang Tiongkok melalui tembok itu, tetapi semua usaha gagal. Sampai kemudian timbulah ide untuk menyuap para penjaga dan mereka berhasil.  Hal ini juga menunjukkan kesalahan pemerintahan di China pada waktu itu, dengan bersandar pada kekuatan tembok dan bukan pada kekuatan karakter manusianya, yaitu integritas dari para penjaga tembok.

Kisah diatas menunjukkan bahwa orang-orang   yang berintergitas menjadi kebutuhan yang vital dalam membangun sebuah bangsa. Orang Tiongkok berhasil membangun tembok yang kuat, dan kokoh serta dapat diandalkan, tetapi gagal membangun intergritas pada generasi berikutnya.

Alkitab dengan jelas memberikan nasihat kepada kaum muda untuk menjaga integritas
"Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu".(1 Tim 4:12)

0 komentar:

Posting Komentar