Senin, 10 Desember 2018

CIPTAAN BARU


KARTU KHOTBAH
No. Urut:0074
Judul : Ciptaan Baru
Ayat Pokok: 2 Korintus 5:17

Pendahuluan
2 Korintus 5:17," Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan yang baru, yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang." 

Oran-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus adalah "ciptaan baru", menurut firman Tuhan di atas.  Kata baru disini menggunakan kata "kainos" ( Bhs. Yunani) yang berarti baru dalam hal mutu. Seharusnya orang-orang percaya atau pengikut Kristus, mereka memiliki kualitas hidup yang baru yang lebih baik yang bisa di nikmati oleh orang-orang di sekitarnya.

Apa yang seharusnya menjadi baru
Apa yang seharusnya alami pembaharuan setelah kita percaya kepada Tuhan Yesus Kristus? Firman Tuhan mengajarkan beberapa hal yang seharusnya mengalami pembaharuan setelah kita percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, yaitu:

Pertama, Baru dalam pola pikir.
Filipi 4:8,"Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu".  Ada tujuh perkara yang seharusnya mengisi pikiran orang yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Ada ahli-ahli Alkitab yang memberikan penafsiran bahwa angka tujuh disebut sebagai "angka sempurna" atau " The Number ofPerfection". Alkitab memang banyak  memakai angka tujuh dan memiliki arti yang menonjol dalam Alkitab. Orang-orang percaya harus memiliki pikiran yang sempurna. Kita harus berpikir seperti Kristus berpikir. Alkitab juga berkata:"Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,...." ( Filipi 2:5).

Kedua: Baru dalam tatacara bertutur kata.
Kolose 4:6:"Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang."  Dalam TL ayat ini ditulis:" Hendaklah senantiasa perkataanmu itu berkat, dimasinkan dengan garam, supaya dapat kamu mengetahui bagaimana kamu memberi jawab kepada tiap-tiap orang." 

Gunakanlah  mulut kita untuk berkata-kata yang baik, membangun dan mempermuliakan nama Tuhan.

Ketiga: Baru dalam  tingkah laku.
Roma 13:12"Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!"

Alkitab mengajar agar kita hidup di dalam terang firman Tuhan.
Roma 12:2," Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna"

Penutup 
Biarlah kita minta Roh Kudus terus-menerus memperbaharui hidup kita, baik dalam pola pikir, tutur kata maupun tingkah laku dan perbuatan kita. Pada zaman ini, banyak usaha manusia untuk mengubah penampilan luar mereka. Mereka menginginkan agar penampilan luar mereka lebih indah dari aslinya. Tetapi tidak banyak yang memperhatikan bagaimana mereka mengubah pola pikir, cara berturut kata maupun tingkah laku mereka. Biarlah kita termasuk diantara orang yang selalu menginginkan perubahan dan pembaharuan hidup baik dalam cara perpikir, bertutur kata dan bertindak.
Amin 



1 komentar: